Wanita Terlihat Lebih Gemuk Ketika Sedang Haid, Ini Alasannya

Devi Setya - detikFood Rabu, 12 Jan 2022 10:30 WIB
Young woman holding menstruation calendar serious face thinking about question, very confused idea Foto: Getty Images/iStockphoto/AaronAmat
Jakarta -

Setiap bulan, seorang wanita pada usia produktif akan mengalami siklus haid. Ternyata saat periode ini, wanita terlihat lebih gemuk dan mengalami kenaikan berat badan.

Banyak hal yang mempengaruhi tubuh wanita ketika sedang mengalami haid. Seperti perut terasa sakit, payudara membengkak, wajah berjerawat hingga perubahan suasana hati. Ternyata bukan hanya itu saja, wanita yang sedang haid juga mengalami kenaikan berat badan.

Dilansir dari Women's Health (10/1) wanita yang sedang dalam periode haid biasanya mengalami keluhan yang umum dirasakan. Namun banyak yang tak menyadari bahwa siklus haid bulanan juga turut mempengaruhi kenaikan berat badan.

Lauren Streicher, MD, seorang profesor klinis kebidanan dan ginekologi di Fakultas Kedokteran Universitas Northwestern Feinberg mengatakan kenaikan berat badan saat haid ini merupakan berat air sehingga sifatnya hanya sementara.

"Anda menahan banyak cairan saat menstruasi datang, dan kemudian berat badan berlebih ini akan hilang setelahnya," kata Lauren Streicher.

Berikut beberapa penyebab kenaikan berat badan saat haid:

1. Disebabkan oleh perubahan hormon

Hormon estrogen pada wanita memuncak jelang siklus haid. Hormon ini meemiliki kadar yang berbeda antara satu wanita dengan wanita lainnya. Lonjakan hormon ini membuat tubuh secara otomatis menahan cairan sehingga efeknya membuat kembung dan menyebabkan kenaikan berat badan.

Kadar estrogen turun secara bertahap saat kamu memulai menstruasi. Efek kembung dan sakit perut secara perlahan akan berkurang. Karena tubuh cenderung menahan cairan, beberapa wanita merasa memiliki payudara yang lebih besar.

Namun kondisi ini hanya terjadi sselama beberapa waktu saja, ketika siklus haid sudah selesai maka ukuran payudara akan kembali normal. Tubuh juga berhenti menahan cairan dan hormon dalam tubuh kembali normal.

ilustrasi wanita gemukWanita merasa gemuk saat haid Foto: iStock

2. Meningkatkan nafsu makan

Peningkatan kadar hormon progesteron menjelang haid juga mempengaruhi nafsu makan. Menjelang haid aatau saat haid, wannita akan cenderung makan lebih banyak dan sering. Jenis makanannya pun beragam, bisa makanan asin gurih ataupun makanan manis.

Peningkatan nafsu makan ini juga dipengaruhi oleh suasana hati yang tak menentu. Makanan yang diasup selama periode haid ini memberikan kontribusi pada kenaikan berat badan. Apalagi beberapa wanita cenderung mengalihkan rasa sakit pada makanan.Makanan bisa jadi salah satu pilihan untuk membuat rasa nyaman dan melupakan rasa sakit.

3. Malas olahraga

Wanita yang sedang haid biasanya merasa tubuhnya lelah sehingga malas melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Beberapa hal seperti nafsu makan meningkat dan malas berolahraga menjadikan tubuh cenderung lebih gemuk.

Sejumlah studi menunjukkan bahwa berolahraga dapat menurunkan gejala-gejala PMS dan nyeri haid. Namun kembali lagi kepada pribadi masing-masing. Tubuh yang terasa lemas tentu membuat orang hanya ingin beristirahat sepaanjang hari.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Nagih! Gurih Nasi Tiwul Goreng Khas Pacitan"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com