Khusus Wanita! 7 Makanan Ini Bisa Atasi Nyeri Haid dan Cegah Kanker

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 19 Okt 2021 06:00 WIB
Ilustrasi ibu hamil makan telur dan minum susu Foto: Getty Images/iStockphoto/Natthapon Muttabunnakarn
Jakarta -

Memiliki organ dalam yang lebih kompleks, para ahli menyebutkan wanita butuh nutrisi lebih. Tujuh makanan ini disarankan untuk atasi nyeri haid hingga cegah kanker pada wanita.

Wanita memiliki organ dalam dan kebutuhan akan nutrisi yang lebih kompleks. Mengalami haid, hamil dan melahirkan membuat wanita lebih spesial dan harus memerhatikan kesehatannya dengan sangat hati-hati.

Akibat aktivitas organ reproduksi pada wanita juga membuat beberapa kasus malnutrisi banyak dialami oleh wanita. Terutama pada wanita yang masih dalam usia produktif sangat dikhawatirkan akan mengalami keluhan kesehatan akibat banyaknya aktviitas dan kesimbangan pola makan serta asupan nutrisi yang kurang seimbang.

Banyak sekali wanita-wanita usia muda yang akibat dari pola makan yang kurang sehat hingga kebiasaan yang kurang mengalami keluhan seperti kanker, tumor payudara, atau bahkan nyeri haid yang tak tertahankan setiap bulannya. Ternyata ada beberapa makanan yang disarankan oleh ahli gizi untuk dikonsumsi para wanita agar memenuhi kebutuhan nutrisinya dan terhindari dari keluhan kesehatan ringan hingga berat.

Berikut ini 7 makanan yang ampuh untuk atasi keluhan pada wanita menurut Food NDTV (16/10):

Manfaat Bayam Bagi KesehatanFoto: Getty Images/iStockphoto

1. Bayam

Memiliki kandungan gizi yang sangat lengkap, bayam memang telah lama dikenal punya manfaat kesehatan yang baik. Konsumsi bayam secara rutin saat mendekati periode haid bahkan dikatakan sangat baik untuk membantu mengatasi efek nyeri haid yang banyak dialami oleh wanita setiap bulannya.

Manfaat pereda nyeri haid yang diberikan oleh bayam berasal dari kandungan vitamin B6 dan vitamin E yang terbukti ampuh untuk meredakan kram perut pada hari pertama menstruasi yang dialami wanita. Bayam bisa diolah menjadi sup atau bahkan ditambahkan dalam telur. Tetapi perlu diperhatikan untuk tidak memasaknya terlalu lama agar nutrisinya tak banyak hilang.

2. Lentil

Jenis kacang yang banyak ditemukan di Timur Tengah ini ternyata punya manfaat dan khasiat yang sangat baik untuk wanita. Di Indonesia sendiri, kacang lentil sering dijual dalam bentuk kacang kering di swalayan.

Walaupun ukurannya kecil, tetapi kacang lentil memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Banyak ahli kesehatan yang mengatakan kacang-kacangan seperti kacang lentil ini merupakan bahan makanan krusial yang harus ditambahkan dalam menu diet. Terutama pada wanita yang berusia di atas 40 tahun, kandungan protein kacang lentil akan sangat membantu memenuhi kebutuhan protein harian yang direkomendasikan ahli.

Baca juga: 7 Makanan Ini Bantu Redakan Nyeri Haid, CekDaftarnya!

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Legitnya Durian Susu di Lereng Gunung Semeru Lumajang"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com