ADVERTISEMENT

Biar Tetap Bugar, Lakukan 5 Cara Detoks Tubuh Alami yang Gampang Ini

Riska Fitria - detikFood
Rabu, 15 Jun 2022 05:00 WIB
Cara mendetoks tubuh secara alami
Foto: iStock
Jakarta -

Detoksifikasi bisa membantu mengeluarkan racun dan zat berbahaya dalam tubuh. Detoks tubuh dapat dilakukan secara alami dengan beberapa cara gampang ini.

Dikutip dari Healthline, detoks adalah intervensi diet jangka pendek untuk menghilangkan racun dari tubuh. Detoksifikasi bisa terjadi jika tubuh mendapatkan asupan sehat dan gaya hidup sehat.

Ada banyak manfaat dari detoksifikasi tubuh. Mulai dari merangsang hati untuk membuang racun, meringankan kerja organ tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah.

Selain itu, juga bisa menghindarkan tubuh dari penyakit. Detoksifikasi tak melulu dilakukan dengan mengonsumsi infused water.

Berikut 5 cara detoksifikasi tubuh secara alami:

1. Konsumsi Infused Water

Cara mendetoks tubuh secara alamiInfused water adalah cara terbaik mengonsumsi buah Foto: iStock

Infused water merupakan cara detoksifikasi yang populer. Cara membuatnya mudah, cukup merendamkan buah yang sudah dipotong-potong ke dalam air. Kemudian minum air rendaman tersebut.

Buahnya pun boleh apa saja. Mulai dari semangka, timun, kurma, lemon dan lainnya. Dr Zaidul Akbar pernah menjelaskan bahwa cara terbaik makan buah adalah dengan biji dan kulitnya juga.

Namun karena tidak mungkin, caranya adalah dengan merendam buah tersebut ke dalam air. Dengan begitu semua zat dalam biji, daging dan kulit akan larut di dalam air.

Baca Juga: 5 Fakta Infused Water untuk Diet, Benarkah Berkhasiat?

2. Batasi Asupan Alkohol

Mendetoks tubuh juga bisa dilakukan dengan membatasi asupan alkohol. 90% minuman alkohol akan berdiam di dalam tubuh. Kondisi ini bisa berdampak pada liver.

Ketika alkohol masuk ke dalam tubuh, maka enzim hati akan memetabolisme alkohol menjadi asetaldehida. Asetaldehida merupakan senyawa yang disinyalir menjadi penyebab kanker.

Lebih lanjut, mengonsumsi minuman alkohol secara berlebih dapat menyebabkan kerusakan pada hati,menumpuknya lemak dan memicu peradangan.



Simak Video "Pos Ketan Legenda, Camilan Legendaris di Pasar Laron Batu"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT