Obati Sakit Tenggorokan dengan 5 Makanan dan Minuman Alami Ini

Riska Fitria - detikFood
Kamis, 23 Jun 2022 06:00 WIB
Makanan dan minuman untuk mengobati sakit tenggorokan
Foto: iStock
Jakarta -

Sakit tenggorokan yang diikuti flu dan batuk kerap terjadi ketika perubahan cuaca. Kamu bisa mengobati secara alami dengan makanan dan minuman ini.

Banyak faktor penyebab sakit tenggorokan. Mulai dari perubahan cuaca yang tak menentu hingga pola makan yang tak sehat. Sakit tenggorokan biasanya diikuti dengan penyakit flu dan batuk.

Kondisi tersebut menandakan bahwa imunitas tubuh sedang terganggu. Karenanya tubuh membutuhkan nutrisi berupa antioksidan seperti vitamin C dalam jumlah yang tinggi.

Antioksidan berperan memerangi radikal bebas, termasuk bakteri penyebab flu dan batuk. Antioksidan dapat ditemukan di 5 makanan dan minuman sehat ini.

1. Bawang Putih

Makanan dan minuman untuk mengobati sakit tenggorokanBawang putih mengandung antioksidan yang dikenal sebagai Allicin Foto: iStock

Bawang putih memiliki manfaat untuk mengatasi sakit tenggorokan. Bawang putih mengandung antioksidan yang dikenal sebagai Allicin.

Antioksidan tersebut memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri atau kuman yang ada di rongga tenggorokan. Dengan begitu bisa membantu dalam penyembuhan rasa sakit.

Kamu bisa mengoleskan minyak bawang putih di leher. Atau bisa juga mengonsumsi bawang putih dalam campuran beberapa makanan seperti salad atau sayuran lainnya.

Baca Juga: 5 Teh Ini Bantu Redakan Batuk dan Sakit Tenggorokan karena Omicron

2. Smoothie

Mengatasi sakit tenggorokan bisa dengan mengonsumsi smoothie yang kaya vitamin C. Dengan minum smoothie akan mengurangi iritasi yang disebabkan karena makanan.

Teksturnya yang lembut akan membantu menyembuhkan sakit tenggorokan lebih cepat. Namun, pastikan untuk membuat smoothie yang kaya vitamin, antioksidan dan mineral.

Salah saturesepnya bisa menggunakan buah tomat, apel, jahe, kayu manis, lada hitam dan garam. Blender semua bahan hingga teksturnya halus, lapor Times of India (21/06).