ADVERTISEMENT

5 Teh Ini Bantu Redakan Batuk dan Sakit Tenggorokan karena Omicron

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Sabtu, 12 Feb 2022 05:00 WIB
racikan teh hijau campur jahe, lemon, dan madu
Foto: iStock
Jakarta -

Batuk dan sakit tenggorokan adalah gejala terkena Omicron. Untuk meredakan rasa sakit yang ditimbulkan, para pakar kesehatan menyarankan konsumsi 5 jenis teh ini.

Berbeda dengan virus Corona varian Alpha, Beta, dan Delta, varian Omicron menimbulkan gejala yang khas. Pasien umumnya tidak merasakan demam dan sesak napas, tetapi batuk, sakit tenggorokan, dan tenggorokan gatal.

Hal ini terjadi lantaran ada relokasi tempat perkembangbiakan virus SARS-Cov-2 yang telah bermutasi pada varian Omicron di saluran napas atas. Gejala ini mungkin terkesan ringan, namun sebenarnya tidak boleh disepelekan.

Melakukan tes PCR dan segera mengisolasi diri jika hasilnya positif adalah langkah terbaik. Lalu jika masih merasakan gejala batuk dan sakit tenggorokan, coba bantu atasi dengan bahan alami. Salah satunya dengan minum teh.

Minum teh dianjurkan pakar untuk meredakan rasa sakit atau tak nyaman pada tenggorokan. Mengutip Healthline (10/2/2022), kehangatan yang didapat dari minum secangkir teh bisa membantu menyamankan tenggorokan.

Selain itu, kebanyakan teh mengandung antioksidan yang membantu tubuh melawan penyakit seperti flu dan virus lainnya. Teh juga bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh dan membantu penyembuhan lebih cepat.

Antioksidan bahkan membantu memulihkan jaringan tubuh yang tak optimal karena sakit. Beberapa teh juga mengandung bahan-bahan antiinflamasi yang mengurangi rasa nyeri dan bengkak ketika batuk maupun sakit tenggorokan.

Teh juga menjadi cara menyenangkan untuk hidrasi tubuh selain minum air putih. Menjaga hidrasi tubuh sangat penting jika sedang sakit tenggorokan supaya bagian saluran pernapasan ini tidak kering dan iritasi.

Berikut 5 jenis teh terbaik untuk bantu redakan batuk dan sakit tenggorokan:

1. Teh chamomile

Healthy chamomile tea poured into white cup. Teapot and spoon, glass jar of daisy medicinal herbs.Teh chamomile bantu meredakan sakit tenggorokan dengan cara melubrikasinya Foto: iStock

Teh chamomile terkenal sebagai teh yang membantu tidur lebih nyenyak. Jenis teh ini ternyata juga bagus untuk kesehatan tenggorokan. Menurut artikel ulasan dalam Molecular Medicine Reports, chamomile bantu melubrikasi tenggorokan sehingga mengurangi rasa nyeri dan suara serak akibat sakit tenggorokan.

Teh chamomile juga mengandung senyawa antiinflamasi yang bantu mengurangi bengkak dan kemerahan pada tenggorokan. Antioksidan di dalamnya juga berperan penting untuk perbaikan jaringan dan kesehatan.

Teh chamomile mudah didapat di Indonesia. Ada banyak yang menawarkannya dalam bentuk teh celup ataupun bunga kering yang tinggal diseduh. Selain dinikmati sebagai minuman, menghirup uap panas teh chamomile juga disebut membantu meringankan gejala flu.

2. Teh kunyit

Teh kunyit adalah jenis teh yang mudah dibuat sendiri. Caranya gampang, rebus bubuk kunyit bersama air, saring, dan nikmati airnya. Tambahkan madu sebagai pemanis alami. Madu punya peran penting untuk meredakan sakit tenggorokan karena mengandung agen antibakteri alami.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Indian Journal of Research in Homoeopathy, kunyit mengandung antioksidan ampuh, bersifat antiinflamasi, dan antiseptik. Kombinasi ketiganya sangat membantu memulihkan tenggorokan dari rasa nyeri dan iritasi.

Lihat lagi racikan teh pereda batuk dan sakit tenggorokan di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT