5 Minuman Enak Ini Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh untuk Tangkal Omicron

Riska Fitria - detikFood Selasa, 25 Jan 2022 05:00 WIB
Minuman peningkat sistem kekebalan tubuh Foto: iStock
Jakarta -

Seiring meningkatnya COVID-19 varian Omicron mengharuskan kita untuk tetap menjaga sistem kekebalan tubuh. Hal ini bisa didapatkan dengan minuman sehat ini.

Banyak ahli gizi yang mengatakan bahwa menjaga sistem kekebalan tubuh sebagai garis pertahanan pertama untuk melawan virus yang kian bermutasi, sehingga bisa mengurangi risiko terinfeksi.

Meningkatkan sistem daya tahan tubuh itu bisa dilakukan dengan mengonsumsi beberapa minuman sehat dan alami ini. Ada yang diracik dengan rempah dan ada pula dengan buah-buahan.

Yang pasti, bahan-bahan yang digunakan mengandung nutrisi penuh lengkap dengan antioksidan yang berperan melawan radikal bebas dalam tubuh, lapor Hindustan Times.

Berikut 5 minuman sehat yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh:

1. Golden Milk

Minuman peningkat sistem kekebalan tubuhMinum susu kunyit bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh Foto: iStock

Golden milk merupakan sebutan untuk racikan susu dan kunyit. Orang Indonesia biasa menyebut racikan ini dengan sebutan susu kunyit. Minuman ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Itu berkat zat kurkumin yang terkandung pada kunyit. Zat kurkumin itu dikemas dengan antioksidan yang berperan melawan virus dan bakteri. Golden milk juga mudah dibuat.

Pertama panaskan susu, kemudian campur dengan 1 sdt kunyit bubuk, 1/4 sdt jahe bubuk, 1/4 sdt kayu manis bubuk, 1/8 sdt lada hitam bubuk dan 1 sdm madu. Aduk hingga rata dan bisa langsung diminum.

Baca Juga: Racik 'Golden Milk', Minuman Sehat yang Sedang Tren dengan 3 Langkah Ini

2. Teh Kunyit

Minuman peningkat sistem kekebalan tubuhMinum teh kunyit dapat meningkatkan kekebalan tubuh Foto: iStock

Selain diracik dengan susu, kunyit juga bisa diracik dengan teh. Cara membuatnya juga mudah, pertama panaskan air dan siapkan 2,5 cm kunyit dan 1/2 sdm merica bubuk.

Campurkan semua bahan terus ke dalam air yang dipanaskan hingga mendidih. Setelah itu, sajikan dan beri tambahan madu. Racikan ini sering dimanfaatkan sebagai obat.

Teh kunyit ini memiliki sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi. Karenanya bisa bermanfaat sebagai penambah stamina, menyembuhkan pilek, sakit tenggorokan dan sakit kepala.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com