Racik 'Golden Milk', Minuman Sehat yang Sedang Tren dengan 3 Langkah Ini

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Kamis, 12 Sep 2019 05:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Minuman berwarna kuning cantik ini sedang jadi tren sebagai minuman sehat. Diminum di pagi hari bagi mereka yang tak minum kopi. Yuk, bikin sendiri!

Sebenarnya minuman khas India ini sudah lama dikenal. Orang India menikmatinya sebagai minuman penjaga stamina. Seperti halnya lassi, campuran yogurt dan buah segar.

Belakangan pelaku diet dan hidup sehat menggandrungi minuman ini. Terutama karena minuman ini mudah dibuat, mengandung rempah seperti kunyit, jahe dan kayu manis yang terkenal akan manfaat sehatnya. Disebut 'golden milk' karena warnanya kuning keemasan dan dibuat memakai susu sebagai bahan utamanya.

Bagi mereka yang tak minum kopi atau teh juga mereka yang menganut pola makan vegan cocok mengonsumsi minuman ini. Untuk vegan susu sapi bisa diganti dengan santan, susu kedelai atau susu almond.

Jika diminum di pagi hari, minuman ini akan memberi asupan energi dan bisa melancarkan BAB. Karena tambahan kunyit dan jahe memberi manfaat melancarkan pencernaan.

Sementara kunyit yang jadi rempah utama dalam golden milk sejak lama dikenal akan khasiat memperbaiki mood. Karena kandungan curcumin dalam rempah umbi ini. Sedangkan kunyit bersama jahe dan kayu manis berkhasiat sejak lama sebagai ant iperadangan.


Racik 'Golden Milk', Minuman Sehat yang Sedang  Tren dengan 3 Langkah IniFoto: iStock



Jika ingin mengganti cappuccino di pagi hari, Anda bisa meracik golden milk dengan langkah mudah ini.

1. Untuk 1 cangkir atau mug, siapkan 250 ml susu fullcream tawar atau santan sedang yang segar. Rempah yang diperlukan 1 sdt kunyit bubuk, 1/4 sdt jahe bubuk, 1/4 sdt kayu manis bubuk, 1/8 sdt lada hitam bubuk dan 1 sdm madu.

Racik 'Golden Milk', Minuman Sehat yang Sedang  Tren dengan 3 Langkah IniFoto: iStock


2. Panaskan susu di atas api kecil hingga mendidih. Lalu tambahkan kunyit bubuk, kayu manis, jahe dan lada bubuk, aduk sebentar lalu angkay.

3. Tuangkan ke dalam cangkir atau mug. Tambahkan madu. Jika suka bisa ditaburi dengan kayu manis bubuk. Nikmati selagi masih hangat.



Simak Video "Lembutnya Pancake Topping Boba hingga Matcha yang Kekinian"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com