Hati-hati! 5 Kebiasaan Makan Ini Bisa Melemahkan Imunitas Tubuh

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 02 Sep 2021 05:00 WIB
5 Kebiasaan Makan Ini Bisa Perlemah Daya Tahan Tubuh Foto: Getty Images/iStockphoto/Xsandra
Jakarta -

Selain mengonsumsi makanan sehat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, kamu juga perlu menghindari hal-hal yang melemahkannya. Hindari 5 kebiasaan makan yang bisa melemahkan imunitas tubuh ini.

Pola makan sehat adalah kunci dari imunitas tubuh yang kuat. Mengonsumsi makanan sehat akan membuat tubuh mendapat beragam asupan nutrisi, termasuk vitamin dan mineral, yang mampu menciptakan 'sistem pertahanan kuat' tubuh dalam menghadapi serangan bakteri maupun virus.

Selain jalani pola makan sehat, kamu juga perlu menghindari hal-hal yang bersifat melemahkan imunitas tubuh. Misalnya tidak cukup tidur, menjalani gaya hidup tidak aktif, atau sering merasa stress.

Kemudian perhatikan juga pola makan sehari-hari. Hindari kebiasaan makan yang bisa melemahkan imunitas tubuh. Meski terlihat sepele, namun dampaknya sangat besar untuk tubuh.

Berikut 5 kebiasaan makan yang bisa melemahkan imunitas tubuh:

1. Terlalu banyak gula

minuman sodaFoto: Getty Images

Mengonsumsi terlalu banyak makanan mengandung gula bukan hanya menyebabkan obesitas dan penyakit kronis lainnya, melainkan juga melemahkan imunitas tubuh. Hal ini disampaikan ahli gizi Mary Albus seperti dikutip dari Eat This, Not That! (31/8).

"Penelitian telah menunjukkan kaitan antara rutin konsumsi makanan tinggi gula dengan fungsi imun yang terganggu," kata Albus. Hal ini karena sel darah putih yang berperan penting melawan infeksi, terkena dampak buruk akibat konsumsi gula berlebih. Efisiensi sel darah putih dalam menghadapi serangan infeksi pun jadi semakin lemah.

Makanan mengandung gula yang perlu diwaspadai antara lain minuman soda, aneka kue dan dessert, dan minuman kemasan, aneka saus dan bumbu, dan bahkan sereal. Pastikan selalu membaca label nutrisi untuk mengetahui kandungan gula dalam sebuah produk makanan. Untuk batas anjuran makan gula, sebaiknya tak lebih dari 30 gram (7 sendok teh) per hari.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com