Minum Air Rebusan Kayu Manis Bisa Perkuat Imunitas Tubuh

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 18 Agu 2021 06:00 WIB
Manfaat Racikan Air Kayu Manis Bisa Menjaga Imunitas Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Kayu manis salah satu rempah yang beraroma harum. Rempah ini bisa diolah menjadi racikan air kayu manis yang menyehatkan, termasuk menjaga imunitas tubuh.

Kayu manis adalah rempah aromatik yang biasanya dijadikan untuk bumbu masakan atau mengharumkan kue dan dessert. Karena aromanya harumnya sangat enak.

Tak hanya itu, kayu manis juga biasa dicampurkan ke beberapa minuman. Dapat juga kamu konsumsi sebagai minuman herba yang menyehatkan.

Dilansir dari Well Good (1/8), kombinasi kayu manis dan air sangatlah baik karena di dalamnya mengandung nutrisi penting, seperti vitamin D dan kalsium. Selain itu, dalam 100 gram kayu manis segar megandung kalori sebanyak 6 kcal, karbohidrat 2 gram, serat 1 gram, kalsium 26 mg, potasium 11 mg, magnesium 2 mg, fosfor 2 mg, vitamin A, dan vitamin K, seperti dikutip dari Everyday Health (17/8).

Manfaat Racikan Air Kayu Manis Bisa Menjaga ImunitasManfaat Racikan Air Kayu Manis Bisa Menjaga Imunitas Foto: Getty Images/iStockphoto

Baca Juga: 5 Filosofi Tumpeng Untuk Perayaan Kemerdekaan 17 Agustus

Kayu manis sering dicampurkan menjadi minuman herba karena menyimpan beragam manfaat kesehatan. Serena Poon selaku ahli gizi dan selebriti chef menjelaskan kalau racikan air kayu manis ini tak hanya baik unutk menghidrasi tubuh saja, tapi kamu bisa merasakan manfaat dari zat antioksidan, anti-inflamasi, dan antikanker.

"Menambahkan kayu manis ke dalam air tidak hanya meningkatkan hidrasi pada tubuh dan rasanya enak saja, tapi itu juga bisa memberikan beberapa manfaat, seperti terdapat zat antioksidan, anti-inflamasi, antikanker, mengurangi risiko penyakit jantung, menurunkan kadar kolesterol, hingga dapat menurunkan berat badan," jelas Poon.

Manfaat Racikan Air Kayu Manis Bisa Menjaga ImunitasManfaat Racikan Air Kayu Manis Bisa Menjaga Imunitas Foto: Getty Images/iStockphoto

Air kayu manis baik dalam menjaga metabolisme tubuh. Sehingga dapat dikonsumsi secara rutin untuk membakar lemak dan menurunkan berat badan.

Baca Juga: Pernah Punya BB 140 Kg, Ini Perjuangan Ricky Cuaca Jalani Diet 2 Tahun

Kandungan zat antioksidan yang tinggi pada racikan air kayu manis juga sangat bermanfaat untuk menjaga imunitas tubuh. Agar tubuh terhindar dari penyakit, seperti Covid-19.

Poon menjelaskan kalau air kayu manis ini bisa dikonsumsi kapanpun. Untuk menurunkan berat badan sebaiknya dikonsumsi malam hari. Air kayu manis juga baik dikonsumsi pagi hari untuk memperlancar pencernaan.

Manfaat Racikan Air Kayu Manis Bisa Menjaga ImunitasManfaat Racikan Air Kayu Manis Bisa Menjaga Imunitas Foto: Getty Images/iStockphoto

Untuk membuat racikan air kayu manis ini sangatlah sederhana. Kamu hanya memerlukan satu sampai dua batang kayu manis segar dan air secukupnya. Rebus keduanya bersamaan selama 10 menit hingga warnanya kecokelatan. Setelah itu tuang ke dalam gelas saji dan buang kayu manisnya. Diamkan beberapa saat sampai air racikan kayu manis agak dingin atau hangat sebelum dikonsumsi.

Racikan air kayu manis juga bisa dibuat menggunakan bubuk kayu manis. Kamu cukup menambahkan setengah sendok teh bubuk kayu manis dan rebus bersama air. Tambahkan satu sendok makan madu agar rasanya makin nikmat, seperti dikutip dari Foods Guy (4/2).



Simak Video "Yuk Kita Lihat Cara Membuat Kayu Manis!"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com