Makanan untuk Kesehatan Paru-paru

Sayuran, Buah dan Herba Alami yang Bisa Jaga Kesehatan Paru-paru

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 12 Agu 2021 10:33 WIB
Sliced pomegranate on cutting board with knife and whole pomegranate behind.  Shot with shallow focus on sliced fruit. Foto: iStock
Jakarta -

Kesehatan paru-paru penting karena organ yang berhubungan langsung pada sistem pernapasan. Untuk menjaganya, bisa dengan mengonsumsi bahan makanan alami.

Paru-paru adalah organ penting dalam tubuh berfungsi dalam respirasi (sistem pernapasan). Oleh karenanya kesehatannya harus terus dijaga agar respirasi juga tetap lancar. Apalagi di tengah kondisi pandemi Covid-19 seperti sekarang, gangguan pernapasan menjadi salah satu gejala dari virus tersebut.

Salah satu cara mudahnya adalah dengan tidak merokok, agar paru-paru tetap bersih. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi beragam makanan yang sehat dan bergizi seimbang.

5 Bahan Alami untuk Jaga Kesehatan Paru-Paru, Penting Saat Pendemi!5 Bahan Alami untuk Jaga Kesehatan Paru-Paru, Penting Saat Pendemi! Foto: iStock

Baca Juga: Lebih Murah dari Tarif Parkir! di Solo Ada Nasi Goreng Rp 1.000

Misalnya dengan mengonsumsi sayuran. Tak perlu sayuran yang mahal, beragam sayuran yang mudah ditemui di pasar dan harganya terjangkau bisa kamu konsumsi secara rutin untuk menjaga kesehatan paru-paru.

Seperti wortel, bayam, pakcoy, hingga brokoli. Sayuran tersebut mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang berfungsi dalam menjaga kesehatan pernapasan.

Bok Choy plants growing in vegetable gardenBok Choy plants growing in vegetable garden Foto: iStock

Sayuran-sayuran itu bisa kamu konsumsi setiap hari dengan beragam olahan. Misalnya dibuat sayur bening atau tumisan. Bisa juga kamu konsumsi sebagai campuran smoothies. Hindari memasak sayuran terlalu lama agar awet nutrisinya.

Dilansir dari Times Now News (29/7), kesehatan paru-paru kita juga bisa dijaga dengan mengonsumsi beberapa minuman herba. Karena minuman herba yang berisikan aneka rempah dan buah tersebut ampuh membersihkan paru-paru.

Seperti racikan air madu, teh kyunyit, rebusan kayu manis, hingga teh kapulaga. Beberapa minuman herba ini harus dikonsumsi dalam kondisi hangat agar membuat pernapasan menjadi lega.

Racikan Teh Lemon dan Kayu Manis Cocok untuk Penderita DiabetesRacikan Teh Lemon dan Kayu Manis Cocok untuk sehatkan paru-paru Foto: iStock

Dalam ajaran Islam ternyata juga disebutkan beragam makanan yang bisa mengatasi gangguan pernapasan. Kamu bisa menyonteknya untuk dikonsumsi dalam menjaga kesehatan sakuran pernafasan dan paru-paru.

Baca Juga: 5 Minuman Herba Ini Bisa Membantu Bersihkan Paru-paru

Seperti yang disebutkan dalam Al-Quran surat Al-An'am ayat 99 dan 141 serta surat Ar-Rahman ayat 68. Pernah disebutkan juga dalam sebuah hadist, kalau buah delima adalah buah yang mengandung beragam manfaat kesehatan.

"Tidaklah buah delima yang ada pada kalian sekarang ini, melainkan sebahagian daripada buah delima dari surga," HR. Al-Dzabi.

Habbatussuda atau jintan hitam juga termasuk rempah yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan paru-paru. Rempah ini juga terkenal dengan julukan rahasia kesehatan dari tanah Arab dan manfaatnya disebutkan dalam Al-Quran.

Fakta Menarik Jintan HitamFakta Menarik Jintan Hitam Foto: Getty Images/Rouzes

Diketahui kalau jintan hitam memiliki zat antibakteri dan antivirus yang dapat membasmi virus penyebab hepatitis C, HIV, flu, dan lainnya. Infeksi pada sistem pernapasa juga dapat diatasi kalau mengonsumsi secara rutin.

Masih banyak lagi makanan dan minuman yang dapat menyehatkan kesehatan paru-paru. Kalau tak ingin ketinggalan, kami akan mengulas tuntas tentang makanan untuk kesehatan paru-paru. Simak terus detikFood ya!

Baca Juga: 5 Makanan dalam Alquran Ini Bantu Atasi Gangguan Pernapasan



Simak Video "Bikin Laper: Pedas Menggugah Dori Sambal Matah"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com