7 Makanan Tinggi Vitamin B12 Ini Bisa Dorong Imunitas dan Energi

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 31 Agu 2021 05:00 WIB
tips pilih sereal Foto: iStock
Jakarta -

Untuk jalani aktivitas yang sudah berangsur normal di tengah pandemi Covid-19, kamu perlu memastikan tubuh fit. Konsumsi makanan tinggi vitamin B12 untuk dorong imunitas dan energi.

Pemerintah secara resmi telah menyatakan bahwa beberapa kegiatan mulai bisa dilakukan secara tatap muka. Sekolah, kantor-kantor, hingga
berbagai kegiatan lain sudah diperbolehkan untuk berlangsung secara fisik.

Tetapi virus Corona yang masih ada membuat kamu tetap perlu waspada terhadap risiko penularannya. Menjaga imunitas serta energi dalam waktu bersamaan sangat disarankan.

Konsumsi makanan bergizi yang tinggi vitamin dan nutrisi untuk meningkatkan produksi imunitas dan energi sangat disarankan oleh ahli kesehatan. Salah satunya bahan makanan tinggi vitamin B12 yang diakui ampuh untuk memproduksi energi sekaligus mendorong ketahanan imunitas.

Berikut ini 7 makanan tinggi vitamin B12 yang bagus dikonsumsi rutin menurut Food NDTV (29/8):

Fresh mackerel fish (Scomber scrombrus) on iceFoto: Istock

1. Ikan

Ikan mengandung vitamin B12 yang begitu baik. Jenis ikan yang paling direkomendasikan adalah tuna, salmon dan sarden. Menurut Departemen
Agrikultur Amerika Serikat, sebanyak 150 gram ikan sarden mengandung hingga 554% kebutuhan vitamin B12 harian yang direkomendasikan.

Sedangkan pada ikan salmon dikatakan memiliki kandungan yang lebih kaya lagi karena adanya kandungan protein tambahan di dalamnya. Bahkan pada salmon yang telah difillet bisa mengandung hingga 40 gram protein dari 178 gram berat salmon.

2. Susu

Minuman favorit saat sarapan ini ternyata menjadi sumber vitamin B12 yang sangat baik. Kepadatan kandungan vitamin B12nya membuat para ahli sangat menyarankan konsumsi susu secara rutin setiap hari.

Tidak hanya diperkaya dengan vitamin B12, susu juga direkomendasikan karena mengandung kalsium dan vitamin D yang sangat dibutuhkan
oleh tubuh. Pelaku vegan sekalipun disarankan untuk mengonsumsi susu kedelai secara rutin. Bahkan dalam secangkir susu kedelai dikatakan
dapat memenuhi kebutuhan vitamin B12 harian sebanyak 45%.

Baca juga: Vitamin untukCovid, Vitamin B Bisa Didapat dari 7 Makanan Sehat Ini

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Gorengan Sehat? #ApasihYangGaBisa "
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com