5 Cara Menyimpan Strawberry Agar Tidak Cepat Busuk dan Awet Segarnya

Atiqa Rana - detikFood
Selasa, 21 Jun 2022 16:30 WIB
Cara simpan strawberry agar lebih awet dan tetap segar
Foto: Getty Images
Jakarta -

Strawberry adalah buah manis asam yang segar dan juicy. Dalam menyimpannya perlu cara khusus karena strawberry termasuk buah yang cepat busuk.

Strawberry adalah jenis buah yang mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin, serat, dan antioksidan tinggi. Antioksidan bernama polifenol ini berfungsi melindungi jantung dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Beberapa penelitian juga menemukan bahwa strawberry terbebas dari natrium, lemak, kolesterol, dan bersifat rendah kalori sehingga bisa jadi pilihan pas sebagai menu diet. Menurut para ahli, menambahkan strawberry ke dalam makanan sehari-hari adalah kebiasaan makan yang sehat.

Bagi mereka yang suka dengan buah segar ini mungkin akan menyimpannya dalam kulkas mereka. Namun biasanya strawberry memiliki umur penyimpanan yang sebentar.

Mungkin banyak yang mempertanyakan mengapa kesegaran strawberry bisa cepat hilang dan bagaimana cara membuatnya agar tetap segar? Dirangkum dari timesofindia.com (18/06), berikut 5 cara menyimpan strawberry agar tetap segar dan tidak cepat busuk:

1. Jangan Cuci Strawberry Sebelum Dimakan

Cara simpan strawberry agar lebih awet dan tetap segarMencuci strawberry sebelum dimakan adalah pilihan buruk karena paparan air akan membuat strawberry cepat busuk. Foto: Getty Images

Sebelum dikonsumsi, banyak orang memilih untuk mencuci buah terlebih dahulu. Setelah dicuci, biasanya buah akan dibersihkan dan disimpan dalam kotak tertutup.

Cara itu sebaiknya tidak dipraktikkan pada strawberry. Mencuci strawberry sebelum dimakan adalah pilihan buruk karena paparan air akan membuat strawberry cepat busuk dan berair.

2. Pastikan Strawberry dalam Kondisi kering

Secara alami, strawberry mengandung serat alami dengan antioksidan dan vitamin C yang tinggi. Kandungan tersebut baik untuk sistem kekebalan tubuh, memperkuat metabolisme, hingga mengurangi kerusakan sel. Namun buah kecil ini rentan terhadap kelembapan suhu.

Jika menyimpan strawberry dalam keadaan masih basah, hal ini memungkinkan strawberry cepat busuk. Pastikan selalu menyimpan strawberry dalam kondisi kering.