Apakah Saus Cabe Botolan Perlu Disimpan di Kulkas?

Atiqa Rana - detikFood
Selasa, 17 Mei 2022 13:30 WIB
Hot Sauce
Foto: iStock
Jakarta -

Saus cabe dan sambal botolan jadi pelengkap makanan bagi banyak orang. Apakah perlu disimpan dalam kulkas agar lebih awet?

Beragam saus cabe, sambal botolan jadi pelengkap wajib makanan orang Indonesia. Umumnya setelah dibuka saus dan sambal kemasan langsung disimpan di kulkas atau lemari es. Namun cara ini akan membuat cita rasa atau warna dari saus berubah.

Hot SauceBeragam saus cabe, sambal botolan jadi pelengkap wajib makanan orang Indonesia Foto: iStock



Sebenarnya cara menyimpan saus cabe dan sambal botolan di dalam kulkas tidak sepenuhnya salah. Banyak yang memilih cara ini dengan alasan keamanan, terutama jika ingin menghabiskannya dalam jangka waktu lama. Namun jika akan segara dihabiskan sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas.



Sebelum menyimpan saus dan sambal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu kandungan bahan-bahan yang terdapat pada saus cabe dan sambal botolan.

Dilansir dari epicurious.com (11/05), sebagian besar saus cabe yang dijual dipasaran menggunakan cuka sehingga bisa disimpan pada suhu ruang. Kandungan cuka yang terdapat di dalam saus cabe tersebut mampu secara alami mencegah tumbuhnya bakteri dan mikroba.

Terlebih lagi banyak saus cabe yang diproduksi secara komersial menggunakan beberapa bahan pengawet di dalamnya. Karenanya disimpan dalam suhu ruangan tidak mempengaruhi kualitas saus cabe kemasan.

Beda halnya dengan sambal botolan buatan rumahan. Kegemaran orang Indonesia terhadap sambal membuat produksi sambal botolan menjadi lebih banyak. Bahkan akhir-akhir ini terdapat beberapa sambal botolan yang sangat populer.

Hot SauceKegemaran orang Indonesia terhadap sambal membuat produksi sambal botolan menjadi lebih banyak Foto: iStock

Sambal botolan biasanya terbuat dari cabe asli dengan beberapa bahan tambahan serta bebas pengawet. Dengan bahan bahan yang asli serta tanpa adanya campuran pengawet membuat sambal botolan lebih mudah berjamur jika berada di suhu ruangan. Terutama setelah dibuka kemasannya.

Hot SauceSambal botolan biasanya terbuat dari cabe asli dengan beberapa bahan tambahan serta bebas pengawet Foto: iStock



Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya simpan di dalam kulkas. Penyimpanan sambal botolan dalam kulkas akan membuatnya lebih tahan lama. Jika sambal botolan tersebut kemasannya belum dibuka, bisa disimpan dalam freeze, Agar tahan beberapa bulan.

Beberapa saus dan sambal memang perlu disimpan dalam kulkas agar lebih awet. Jadi meskipun tidak sangat diperlukan, saus cabe yang memakai campuran cuka boleh saja disimpan di kulkas.



Simak Video "Sambal Bakar Ini Viral, Rasanya Bikin Ketagihan"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/odi)