ADVERTISEMENT

Sebaiknya Jangan Menyimpan Semangka di Kulkas, Ini Sebabnya

Yenny Mustika Sari - detikFood
Selasa, 10 Mei 2022 08:00 WIB
Semangka sebaiknya tak disimpan dalam kulkas.
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Buah semangka enak disantap dingin setelah disimpan di kulkas. Tetapi cara Ini ternyata tidak tepat, ini sebabnya.

Semangka merupakan buah yang banyak menyimpan air. Tak heran kalau buah berdaging merah yang juicy ini dapat dikonsumsi tubuh untuk menghidrasi.

Biasanya semangka yang telah dikupas akan disimpan dalam kulkas. Hal ini dilakukan untuk menjaga kondisinya agar tetap awet tahan segar.

Dilansir dari Food NDTV (2/5), dijelaskan oleh sejumlah ahli, semangka yang disimpan dalam kulkas ternyata mengalami penurunan kualitas mutu.

Ternyata semangka yang disimpan dalam kulkas dapat menghilangkan semua kebaikannya. Seperti menghilangkan kandungan nutrisinya.

Semangka sebaiknya tak disimpan dalam kulkas.Semangka sebaiknya tak disimpan dalam kulkas. Foto: Getty Images/iStockphoto

Baca Juga: 7 Minuman Penurun BB Terbaik untuk yang Makan Banyak Saat Lebaran

Menurut buku 'Healing Foods', asam amino ditemukan dalam daging semangka dapat merangsang produksi oksida nitrat. Kandungan tersebut dapat mengatur tekanan darah yang membantu kita detoksifikasi dan melawan peradangan dalam tubuh. Selain itu, semangka juga rendah kalori.

Menyimpan semangka di dalam kulkas umum dilakukan banyak orang. Semangka dalam kondisi dingin akan terasa menyegarkan saat disantap. Tapi tak begitu baik untuk tubuh.

Sebuah studi yang dilakukan oleh USDA dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menyebutkan bahwa semangka yang disimpan pada suhu kamar memberikan lebih banyak nutrisi daripada yang didinginkan atau baru dipetik.

Baca Juga: Kocak! Suami Curhat Kelakuan Istri Setiap Kali Beli Minuman di Toko

Sejumlah peneliti dari Laboratorium USDA di Lane, Oklahoma menguji beberapa varietas semangka populer selama 14 hari. Peneliti menyimpan semangka 21, 12, dan 5 derajat Celcius.

Semangka sebaiknya tak disimpan dalam kulkas.Semangka sebaiknya tak disimpan dalam kulkas. Foto: Getty Images/iStockphoto

Mereka menemukan bahwa yang disimpan pada suhu 21 derajat Celcius memiliki nutrisi yang jauh lebih banyak daripada yang baru dipetik atau yang disimpan di kulkas. Mereka menjelaskan bahwa semangka terus menghasilkan beberapa nutrisi bahkan setelah dipetik.

Buah semangka yang didinginkan akan memperlambat atau menghentikan seluruh proses penambahan nutrisi. Faktanya, pada suhu yang didinginkan semangka akan mulai membusuk dalam seminggu.

Agar nutrisi semangka terasa maksimal manfaatnya terhadap tubuh, sebaiknya jangan disimpan dalam kulkas. Simpan semangka utuh di suhu kamar dan nikmati sampai habis di hari yang sama.

Baca Juga: Kocak! Bule Ini Sering Bawa Indomie Buat Bekal Makan di Kantor



Simak Video "Es Semangka India Pertama di Indonesia Ada di Kalibata"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT