ADVERTISEMENT

Nasi Jepang Lebih Sehat Dibanding Nasi Putih Biasa? Ini Faktanya

Atta Kharisma - detikFood
Jumat, 08 Jul 2022 19:39 WIB
Nasi Jepang
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Nasi merupakan salah satu makanan pokok bagi masyarakat di Asia, termasuk Jepang. Bahkan, nasi sering disebut sebagai salah satu kunci di balik sehatnya masyarakat Jepang.

Dilansir dari World Meters, Jepang menduduki peringkat kedua untuk kategori masyarakat dengan masa hidup tertinggi di dunia, yakni 85,03 tahun. Banyak pakar yang mengklaim salah satu faktor di balik hal tersebut adalah nasi yang merupakan makanan pokok bagi warga Jepang.

Faktanya, nasi Jepang ternyata memang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Penasaran apa saja? Dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat konsumsi nasi Jepang untuk tubuh kamu.

1. Sumber Protein

Nasi Jepang memiliki kandungan protein yang berperan dalam pembentukan sel dalam tubuh. Protein yang ada di dalam nasi Jepang juga membantu dalam membangun energi tubuh.

Selain protein, nasi Jepang juga mengandung vitamin dan mineral lain. Jadi jika Anda ingin memperoleh manfaat kesehatan tersebut, sertakan nasi Jepang ke dalam menu konsumsi harianmu.

2. Kaya akan Mineral

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, nasi Jepang memiliki kandungan mineral yang baik untuk tubuh. Salah satunya adalah kalsium yang bermanfaat bagi pembentukan dan meningkatkan kepadatan tulang.

Tak hanya kalsium, nasi Jepang juga mengandung mineral lain seperti folic acid, potassium, magnesium, selenium dan zinc.

3. Mencegah Obesitas & Membantu Menurunkan Berat Badan

Nasi Jepang juga dapat mencegah obesitas loh! Hal ini berkat kandungan sodium dan rendah kolesterol yang ada di dalamnya. Sehingga, dengan mengkonsumsi nasi Jepang Anda bisa terhindar dari risiko obesitas.

Tak hanya itu, kandungan serat dan kalori rendah yang ada di dalam nasi Jepang membuatnya cocok bagi Anda yang sedang ingin diet menurunkan berat badan.

4. Mencegah Kanker

Mungkin Anda tidak pernah menyangka bahwa nasi Jepang bisa mencegah risiko kanker. Ini berkat kandungan serat tidak larut (insoluble) yang ada di dalamnya. Serat ini juga dikenal mampu memerangi kanker usus.

Nasi Jepang juga memiliki antioksidan yang membantu menangkal efek negatif dari radikal bebas, termasuk risiko kanker.

Nasi JepangFoto: Polytron

5. Mengatasi Masalah Pencernaan

Kandungan serta yang ada di dalam nasi Jepang juga mampu mengatasi masalah pada proses pencernaan, seperti sembelit. Selain itu, serat ini juga dapat berperan sebagai diuretik dan menyerap racun serta timbunan lemak yang ada di dalam tubuh.

Itu tadi sejumlah manfaat kesehatan yang bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi nasi Jepang. Dengan manfaat sebanyak itu, tentunya tidak ada alasan untuk tidak menjadikan nasi Jepang sebagai bagian dari konsumsi harian bukan?

Bagi Anda yang ingin memasak nasi Jepang dengan mudah setiap hari, kini sudah ada Rice Cooker Donabe dari Polytron yang dapat menghasilkan nasi pulen layaknya nasi Jepang. Rice cooker ini dilengkapi dengan teknologi DONAHEAT 3D sehingga proses pemanasannya lebih merata dari 3 arah.

Rice cooker ini juga memiliki kapasitas sebesar 2 liter, sehingga cocok untuk memasak nasi bagi seluruh keluarga. Anda juga tidak perlu khawatir nasi menjadi kering atau cepat basi, karena rice cooker Donabe, karena rice cooker Donabe dari Polytron memiliki teknologi DONAHEAT yang mampu menjaga kualitas makanan hingga 48 jam.

Bahkan, rice cooker ini juga dapat digunakan untuk memasak, memanaskan dan mengukus makanan berkat fitur 3-in-1 cooking yang disematkan pada rice cooker ini. Dengan rice cooker Donabe dari Polytron, Anda bisa lebih mudah masak nasi pulen ala Jepang. Rice cooker Donabe dari Polytron ini bisa Anda dapatkan di website resmi Polytron atau di official store e-commerce Polytron.



Simak Video "Bikin Laper: Ayam Sambal Ganas di Condet Ini Enak Banget, Bestie!"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT