ADVERTISEMENT

Teh dan Kopi Mengandung Antioksidan serta Kafein, Mana Lebih Baik?

Atiqa Rana - detikFood
Kamis, 07 Jul 2022 05:00 WIB
Apakah lebih baik teh atau kopi?
Foto: Getty Images
Jakarta -

Teh dan kopi menjadi pilihan minuman banyak orang sebelum melakukan aktivitas. Keduanya sama-sama memiliki antioksidan dan kafein, tetapi manakah yang lebih baik?

Bagi sebagian orang, menyeruput secangkir teh atau kopi sudah menjadi ritual pagi mereka. Jika tidak melakukan rutinitas ini, bisa jadi mereka tidak bersemangat untuk menjalankan hari yang panjang.

Teh dan kopi memang mengandung kafein sekaligus sifat antioksidan yang tinggi. Namun ketika berbicara tentang kesehatannya, manakah yang lebih baik?

Dirangkum dari lifestyleasia.com (03/07), berikut penjelasan kandungan nutrisi teh dan kopi, serta manfaatnya yang lebih baik untuk kesehatan.

1. Manfaat Teh untuk Kesehatan

Apakah lebih baik teh atau kopi?Teh mengandung antioksidan tinggi yang mampu melindungi tubuh dari radikal bebas. Foto: Getty Images

Teh pada umumnya menjadi minuman yang sangat bernutrisi, terlebih jika dikonsumsi secara teratur. Teh mengandung antioksidan tinggi yang mampu melindungi tubuh dari radikal bebas.

Menurut Harvard TH Chan School of Public Health, radikal bebas adalah atom yang tidak stabil. Dalam kadar yang tinggi, atom ini bisa menyebabkan stress oksidatif. Seiring berjalannya waktu, stress oksidatif itu mampu mengganggu kesehatan hingga menyebabkan penyakit jantung atau kanker.

Namun dengan mengonsumsi makanan atau minuman kaya akan antioksidan, itu memungkinkan tubuh untuk terhindar darinya. Jenis teh yang memiliki kandungan antioksidan tinggi yaitu teh hijau atau teh hitam bisa membantu menghindari risiko tersebut.

Terlebih lagi teh hijau memiliki kafein dalam jumlah sedang. Sehingga jika seseorang minum teh hijau, itu bukan hanya membantu menangkal radikal bebas, namun sekaligus dapat memberikan energi serta mendukung fungsi kognitif.

2. Manfaat Kopi Untuk Kesehatan

Apakah lebih baik teh atau kopi?Ahli gizi Kerry Hackworth mengungkap bahwa kopi juga dikemas dengan antioksidan asam klorogenik tinggi dengan manfaat untuk melindungi diri dari stres oksidatif. Foto: Getty Images

Selain teh, kopi juga menjadi pilihan utama bagi mereka yang ingin lebih bersemangat dalam menjalani hari.

Ahli gizi Kerry Hackworth mengungkap bahwa kopi juga dikemas dengan antioksidan asam klorogenik tinggi dengan manfaat untuk melindungi diri dari stres oksidatif.

Asam klorogenik ini juga memiliki sifat anti-inflamasi dan neuroprotektif yang mampu memainkan peran potensial dalam mencegah kondisi kronis.

Untuk kandungan kafeinnya sendiri, kopi tentu saja memiliki lebih banyak kafein dibandingkan teh.

Sebagai perbandingan, Mayo Clinic mengungkap bahwa satu cangkir kopi seduh 226,796 gram mengandung 96 miligram kafein yang dimana 2 kali lipat lebih banyak dibandingkan kafein yang ada dalam teh hitam dan 4 kali lebih banyak dari teh hijau. Sehingga perlu dipikirkan kembali sebelum mengonsumsinya.



Simak Video "Berawal dari Hobi Gowes, Sekalian Usaha Kopi Pakai Sepeda"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT