ADVERTISEMENT

6 Manfaat Minum Air Mineral Setelah Bangun Tidur, Bisa Bikin Bahagia!

Diah Afrilian - detikFood
Kamis, 07 Jul 2022 06:00 WIB
6 Manfaat Minum Air Mineral Setelah Bangun Tidur, Bisa Bikin Bahagia!
Foto: Getty Images/iStockphoto/Panuwat Dangsungnoen

4. Memicu metabolisme

Kapanpun waktunya, minum air mineral juga dapat memicu metabolisme tubuh untuk tetap bekerja. "Air dingin bahkan dapat memicu tubuh mengaktifkan mekanisme bernama cold-activated thermogenesis yang membantu meningkatkan metabolisme," kata dr. Li.

Cara kerjanya adalah tubuh akan memulai 30% metabolismenya untuk menghangatkan air dingin yang diterimanya. Konsumsi air mineral sebelum makan juga dianjurkan untuk menyiapkan proses metabolisme menerima makanan saat sarapan.

5. Meningkatkan kualitas pencernaan

6 Manfaat Minum Air Mineral Setelah Bangun Tidur, Bisa Bikin Bahagia!Minum air setelah bangun tidur juga dapat mengatasi masalah konstipasi. Foto: Getty Images/iStockphoto/Panuwat Dangsungnoen

Menurut dr. Kelly kebutuhan air mineral juga penting untuk menjaga kelancaran sistem pencernaan. Mencukupi kebutuhan hidrasi tubuh berdampak pada beberapa permasalahan pencernaan seperti mencegah konstipasi yang disebabkan oleh dehidrasi.

Bahkan minum air hangat setelah makan juga disebutkan dapat membantu mencerna makanan lebih cepat dibandingkan dengan minum air dingin. Bagi yang sering mengalami konstipasi, dr. Kelley sangat menyarankan untuk selalu minum air mineral setelah bangun tidur.

6. Mencegah rasa lapar

Jika kamu bukan orang yang terbiasa mengonsumsi sarapan besar di pagi hari atau tidak punya banyak waktu luang, minum segelas air setelah bangun tidur disebutkan dapat membantu. Manfaat menahan lapar dengan minum air ini bahkan telah terbukti pada penelitian di tahun 2018.

Dalam penelitian tersebut diungkapkan bahwa minum air mineral dapat mencegah lapar atau setidaknya mencegah perut keroncongan sampai waktunya kamu bisa mengonsumsi makanan. Minum air juga diungkapkan dapat membantu tubuh mencegah untuk ngemil atau makan secara berlebihan.


(dfl/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT