Diet Nanas Bisa Turun BB 1 Kg Seminggu, Apa Aman untuk Kesehatan?

ADVERTISEMENT

Diet Nanas Bisa Turun BB 1 Kg Seminggu, Apa Aman untuk Kesehatan?

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Rabu, 06 Jul 2022 06:00 WIB
Diet Nanas Bikin BB Turun 1 Kg Seminggu, Apa Aman untuk Kesehatan?
Foto: Getty Images/iStockphoto/Pichest
Jakarta -

Diet nanas atau dikenal 'Sexy Pineapple Diet' populer sejak 1970. Diet ini mengharuskan pelakunya makan nanas dan membatasi berbagai asupan demi turun berat badan. Apakah diet nanas aman dari sisi kesehatan?

Saat berusaha menurunkan berat badan, seseorang mungkin mencoba berbagai jenis diet. Tak sedikit dari mereka yang berakhir jalani diet ekstrem demi berat badan bisa turun cepat.

Salah satu yang kemudian jadi sorotan adalah diet nanas. Diet ini mengharuskan pelakunya makan nanas selama 2 hari, namun membatasi asupan kalori harian dari makanan lainnya secara ketat.

Diet ini diperkenalkan oleh seorang psikolog. Konon selain bisa menurunkan berat badan dengan cepat, diet nanas bisa meningkatkan vitalitas seksual pria dan wanita.

Lalu fakta menarik apalagi dari diet nanas? Benarkah diet ini aman untuk kesehatan?

Berikut detikfood merangkum fakta diet nanas dari Healthline (4/7):

1. Apa itu diet nanas?

Diet nanas atau Sexy Pineapple Diet diciptakan psikolog asal Denmark, Sten Hageler. Pada tahun 1970, ia dan istrinya yang bernama Inge menerbitkan buku berjudul "The Sexy Pineapple Diet".

Mereka menjanjikan banyak manfaat kesehatan dari pola diet ini. Prinsipnya, mereka yang diet nanas diharuskan makan nanas selama 2 hari, lalu 5 hari lainnya dalam seminggu, makan secara normal.

Menurut beberapa sumber, pola diet ini membatasi asupan kalori yaitu tak lebih dari 500 kkal per hari selama 2 hari makan nanas. Jenis makanannya bebas, asal itu tadi, tidak membuat asupan kalori harianmu lebih dari 500 kkal.

Saat ini versi lengkap buku "The Sexy Pineapple Diet" sudah tidak bisa dibaca via online. Tidak banyak pula informasi soal aturan makan, lama diet, dan hal lain terkait diet nanas.

Uniknya, Hegeler mengaku diet nanas tidak tercipta berdasarkan studi ilmiah, tetapi sesederhana karena ia suka nanas! Ia lantas berpikir bisa menciptakan pola diet dimana seseorang makan nanas dalam jumlah banyak.

Sumber online mengklaim kebanyakan pelaku diet nanas menjalani diet ini selama 2-7 hari, namun ada juga yang melakukannya selama beberapa minggu sampai berat badan yang mereka inginkan tercapai.

2. Pola makan dalam diet nanas

Diet Nanas Bikin BB Turun 1 Kg Seminggu, Apa Aman untuk Kesehatan?Saat jalani diet nanas, pelaku harus makan nanas saja selama 2 hari dan membatasi ketat asupan kalori hariannya. Foto: Getty Images/iStockphoto/Pichest

Intinya, selama 2 hari seminggu, pelaku diet nanas diutamakan hanya makan nanas. Baik saat sarapan, makan siang, hingga makan malam. Tapi tidak jelas apakah harinya harus berurutan atau tidak.

Kemudian 5 hari lainnya, makan secara normal. Tapi lagi-lagi, rekomendasi spesifik atas pola diet ciptaan Hegeler ini tidak tersedia.

Yang jelas konsumsi makanan utuh, sehat, dan segar konon malah dibatasi. Misalnya telur, sayuran, kacang-kacangan, bijian, dan ikan.

Beberapa sumber menyebut, diet nanas bisa diganti buah lain jika seseorang alergi nanas. Penggantinya ada apel, pir, atau pisang.

Makanan berbasis nanas lain juga kabarnya boleh dikonsumsi. Misalnya yogurt, daging panggang dengan nanas, oat topping nanas, dan lainnya.

Baca lagi fakta diet nanas di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT