ADVERTISEMENT

5 Trik Konsumsi Makanan Kemasan Lebih Sehat, dari Oat hingga Edamame

Atiqa Rana - detikFood
Senin, 27 Jun 2022 08:00 WIB
cara mengonsumsi makanan olahan agar lebih sehat
Foto: iStockphoto
Jakarta -

Makanan kemasan kerap dicap buruk oleh banyak orang, tetapi faktanya makanan itu bisa dibuat atau dipilih dalam versi lebih sehat. Coba ikuti 5 trik ini.

Biasanya makanan kemasan atau makanan olahan memiliki efek buruk untuk kesehatan. Hal ini lantaran penggunaan bahan-bahan tambahan seperti pengawet yang membuatnya lebih tahan lama. Tak heran jika beberapa orang menghindari konsumsi makanan ini.

Tetapi tak sedikit juga mereka yang memilih untuk menyimpan beberapa makanan kemasan di kulkas atau lemarinya. Makanan kemasan memang bisa jadi pilihan praktis bagi mereka yang sibuk ataupun malas masak yang terlalu ruwet.

Sebenarnya makanan kemasan bisa menjadi lebih sehat asalkan memilih bahan-bahan dengan bijak. Dirangkum dari nbcnews.com (05/07/2018), beberapa ahli nutrisi memberi 5 trik yang bisa dilakukan untuk membuat makanan kemasan menjadi lebih sehat.

1. Menggabungkan Makanan Beku dengan Beberapa Makanan Sehat Lain

Saat ini banyak jenis makanan beku dipasarkan di supermarket. Memang tujuannya agar masak lebih gampang dan praktis, namun sebelum membeli, lebih baik untuk mencari tahu terlebih dahulu makanan mana yang sekiranya baik untuk tubuh, dan mana yang tidak.

Selain itu, Jackie Newgent selaku ahli gizi di Brooklyn, New York menyarankan ketika menyantap makanan beku, sebaiknya menggabungkannya dengan beberapa makanan bernutrisi lain. Seperti menggabungkan telur berprotein tinggi atau juga kacang yang akan menambahkan lemak sehat di dalam makanan beku.

2. Cari Saus Pasta Kemasan yang Pakai Sedikit Bahan Tambahan

cara mengonsumsi makanan olahan agar lebih sehatCara terbaik mengonsumsi saus pasta yang lebih sehat adalah dengan memilih yang pakai sedikit gula dan mengandung natrium lebih rendah. Foto: iStockphoto

Banyak orang yang memilih membeli saus pasta kemasan dibandingkan harus meraciknya sendiri. Namun sebenarnya beberapa saus pasta kemasan mungkin mengandung lebih banyak bahan tambahan yang akan memberikan efek negatif bagi kesehatan tubuh seperti gula dan natrium yang tinggi.

Cara terbaik mengonsumsi saus pasta yang lebih sehat adalah dengan memilih yang pakai sedikit gula dan mengandung natrium lebih rendah. Selain itu Keri Gans, penulis The Small Change Diet dari New York juga membeberkan bahwa sebaiknya untuk menambahkan kacang putih atau polong ke dalam saus pasta.

Beberapa ahli gizi lainnya seperti Jersey City dan Rachel Meltzer Warren pun ikut menyarankan untuk menambah protein seperti telur rebus, dan gunakan minyak zaitun untuk menumisnya.



Simak Video "Masak Masak: Otak-otak Ikan Tongkol Super Endol"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT