Roti Berjamur Apakah Aman Dimakan? Ini Penjelasannya

Yenny Mustika Sari - detikFood
Selasa, 22 Mar 2022 08:02 WIB
Penjelasan Aman atau Tidak Makan Roti Berjamur
Foto: Getty Images/iStockphoto/
Jakarta -

Roti yang berjamur tak lagi bisa dikonsumsi karena dapat menyebabkan masalah kesehatan. Agar roti tak mudah jamuran, bisa mengikuti tips menyimpan roti ini.

Roti merupakan makanan pokok sebagian orang di beberapa negara. Roti biasanya dikonsumsi saat sarapan karena praktis dan mengenyangkan.

Kalau di Indonesia, umumnya roti yang dikonsumsi untuk sarapan adalah roti tawar dan roti gandum. Kalau ingin roti tidak mudah jamuran, cara menyimpannya perlu diperhatikan.

Banyak orang beranggapan kalau roti berjamur tetap bisa dikonsumsi. Caranya dengan membuang bekas bercak jamurnya saja. Lalu, konsumsi roti yang tidak ada bercak jamurnya.

Padahal hal tersebut sangat tidak dibenarkan. Mengutip Mashed (19/3), roti yang berjamur sudah tak dapat dikonsumsi. Karena dapat menimbulkan masalah kesehatan.

Penjelasan Aman atau Tidak Makan Roti BerjamurPenjelasan Aman atau Tidak Makan Roti Berjamur Foto: Getty Images/iStockphoto/

Baca Juga: 5 Momen Marc Marquez Melokal di Indonesia, Cicip Es Kelapa hingga Gorengan

Jamur yang terlihat di permukaan atas roti hanyalah awal dari kontaminasi. Marianne Gravely dari Departemen Pertanian AS menjelaskan kalau jamur pada roti dapat tidak terlihat pada bagian dalam roti.

"Roti bertekstur lembut dan akan sangat mudah bagi akar jamur atau tentakelnya dapat menembus lebih dalam ke roti," kata Gavely.

Gravely juga mengungkapkan kalau akar-akar jamur itu mikroskopis yang artinya begitu jamur mulai tumbuh, maka dapat hadir di bagian roti yang terlihat halus atau tidak terlihat. Jadi jangan konsumsi lagi roti yang telah berjamur.

Penjelasan Aman atau Tidak Makan Roti BerjamurPenjelasan Aman atau Tidak Makan Roti Berjamur Foto: Getty Images/iStockphoto/

Baca Juga: 20 Kue Dongkal yang Legit Wangi Ada di Sini

Terkadang roti yang berjamur tidak hanya karena masa kedaluwarsanya, tetapi juga penyimpanannya yang buruk. Lantas, bagaimana cara tepat menyimpan roti agar tak mudah jamuran?

Mengutip Tablespoon, cara terbaik untuk mencegah timbulnya jamur pada roti adalah dengan menyimpannya di dalam kulkas. Bungkus roti dengan plastik atau kantong kertas.

Penjelasan Aman atau Tidak Makan Roti BerjamurPenjelasan Aman atau Tidak Makan Roti Berjamur Foto: Getty Images/iStockphoto/

Kulkas bisa menjadi media terbaik untuk tempat menyimpan roti karena suhunya yang dingin. Sedangkan jamur akan mudah tumbuh di tempat yang memiliki cahaya dan suhunya cukup tinggi.

Jika akan disimpan lebih lama, para baker (ahli roti) menganjurkan roti sebaiknya disimpan dalam freezer. Saat akan dimakan perlu dibiarkan beberapa saat hingga bersuhu ruangan dan roti segar kembali.

Baca Juga: Ura! Ojol Ini Tulis Pesan Semangat untuk Pelanggannya dalam Bahasa Rusia



Simak Video "Mencicip Lezatnya Kreasi Roti dan Pastry dari Berbagai Negara"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)