ADVERTISEMENT

5 Makanan Pereda Pedas Ini Ampuh Kurangi Sensasi Terbakar di Lidah

Atiqa Rana - detikFood
Kamis, 23 Jun 2022 11:00 WIB
Makanan yang atasi lidah terbakar
Foto: Getty Images
Jakarta -

Makanan yang memiliki rasa terlalu pedas tentu akan mengganggu mulut. Untuk mengatasinya, beberapa makanan ini cocok menjadi 'penyejuk' lidah.

Beberapa orang suka dengan rasa pedas. Sensasi panas dari cabai justru akan membuat makanan terasa lebih nikmat untuk mereka.

Mereka yang tergila-gila pedas mungkin bisa mengonsumsi makanan dengan tingkat kepedasan yang tinggi. Namun biasanya orang yang terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas, bakal merasakan sensasi terbakar dan perih di lidah.

Rasa pedas dari cabai yang berlebih bisa menghasilkan panas dan menyebabkan rasa tidak nyaman. Untuk diketahui, cabai mengandung molekul minyak yang secara 'tersembunyi' dapat memicu reseptor rasa sakit yang peka terhadap suhu di mulut sehingga muncul rasa pedas.

Ketika lidah terbakar dan terasa pedas, ada beberapa makanan yang bisa atasi masalah ini. Dirangkum dari iol.co.za (20/06/2022), berikut adalah 5 makanan pereda pedas:

1. Roti

Makanan yang atasi lidah terbakarMakanan yang atasi lidah terbakar Foto: Getty Images

Terdengar asing, namun ternyata makan roti bisa menyejukkan lidah yang terbakar. Dengan mengonsumsi satu potong roti, ini akan menawarkan rasa lega pada mulut yang panas.

Sebenarnya tidak hanya roti saja, tetapi beberapa karbohidrat lain juga bisa menjadi pilihan makanan yang tepat. Ini karena pati membawa banyak volume fisik karena sejenis karbohidrat ini dapat bertindak sebagai penghalang fisik antara senyawa pedas pada cabai yaitu capsaicin dengan mulut.

2. Produk Olahan Susu

Produk olahan susu atau dairy yang terbuat dari bahan hewani ini bisa jadi makanan yang akan meredakan panas di mulut. Lemak dan minyak yang terkandung di dalam produk dairy bisa mengatasi masalah lidah terbakar yang akan mengusir rasa pedas dengan cepat. Produk dairy yang lebih tepat dikonsumsi ketika mengalami kondisi ini adalah susu dan yogurt.



Simak Video "Pos Ketan Legenda, Camilan Legendaris di Pasar Laron Batu"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT