Berhenti Merokok? 6 Makanan dan Minuman Ini Bantu Atasi Kecanduan Rokok

Atiqa Rana - detikFood
Sabtu, 18 Jun 2022 06:00 WIB
Makanan yang bantu berhentikan merokok
Foto: iStockphoto
Jakarta -

Bagi banyak orang, berhenti dari kebiasaan merokok adalah hal yang sulit. Namun beberapa makanan dan minuman ini bisa bantu proses berhenti merokok.

Orang yang sudah menjadikan rokok sebagai rutinitas, pasti akan sulit untuk berhenti dari kebiasaan tersebut. Bagi sebagian orang, merokok bisa menjadi hal yang lebih penting dari pada makan. Mungkin ini disebabkan karena zat nikotin yang terdapat pada rokok bisa membuat kecanduan.

Namun seperti yang diketahui, efek merokok sangatlah buruk bagi kesehatan. Untuk itu, beberapa perokok bisa mulai mengurangi kebiasaan buruk ini dengan mencoba mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat menekan kecanduan tersebut.

Dirangkum dari timesofindia.com (13/06), berikut adalah 6 makanan dan minuman yang bisa membantu berhenti dari kebiasaan merokok.

1. Susu

Susu adalah minuman yang kaya akan berbagai nutrisi baik bagi tubuh. Ternyata minuman sehat ini juga bisa membantu perokok dari kebiasaan buruknya itu.

Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam The Journal Nicotine & Tobacco Research, sebuah penelitian yang dilakukan kepada 209 perokok menunjukkan interaksi antara makanan dengan rasa rokok yang membuat rokok menjadi lezat. Dalam hal ini ditemukan bahwa produk susu masuk ke dalam daftar.

Sehingga jika mendambakan satu batang rokok, segeralah untuk minum satu gelas susu atau produk dairy lainnya sebagai pengganti rasa rokok tersebut.

2. Batang Kayu Manis

Makanan yang bantu berhentikan merokokRasanya yang manis sekaligus beraroma pedas, batang kayu manis memiliki kemampuan untuk menekan keinginan merokok. Foto: iStockphoto

Rasanya yang manis sekaligus beraroma pedas, batang kayu manis memiliki kemampuan untuk menekan keinginan merokok. Rasa kuat tersebut bisa memabukkan dua indra terpenting yaitu indra penciuman dan perasa.

Tak hanya itu, beberapa orang juga menyarankan untuk mengunyah permen karet yang diberi tambahan bubuk kayu manis untuk menghindari merokok secara efisien.



Simak Video "Bikin Laper: Gurih Manis Ayam Bakar yang Lagi Viral"
[Gambas:Video 20detik]