Rutin Minum Yogurt Bisa Perkecil Risiko Kanker Paru-Paru, Begini Kata Ahli

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 12 Des 2021 05:00 WIB
Young woman eating yogurt, closeup Foto: Istock
Jakarta -

Yogurt merupakan produk olahan susu fermentasi. Memiliki banyak manfaat sehat, para ahli bahkan mengungkap konsumsi yogurt bisa perkecil risiko kanker paru-paru.

Paru-paru merupakan organ tubuh yang sangat vital. Sebagai alat utama pada sistem pernapasan, paru-paru sudah sewajarnya untuk dijaga kesehatannya.

Ternyata secara alami kesehatan paru-paru bisa dijaga melalui asupan makanan yang sehat. Pola makan memang memiliki dampak yang cukup penting terhadap kesehatan tubuh.

Baru-baru ini peneliti dari Amerika Serikat mengungkap ada suatu makanan yang ternyata baik untuk kesehatan paru-paru jika dikonsumsi rutin.

Baca juga: Duh! Tamu di Resto Gordon Ramsay Terpaksa Bayar Rp 8,8 Juta karena Hal Ini

frozen yogurtFoto: iStock

Mengutip Reader's Digest (1/12), penyakit kanker paru-paru dikatakan sebagai penyakit kanker yang paling mematikan bagi orang dewasa. Bahkan bagi non-perokok saja masih bisa terancam risiko kanker paru-paru hingga 20%, seperti yang diungkapkan oleh Brian Mitzman selaku ahli bedah toraks dan asisten profesor di University of Utah.

Menurut sebuah penelitian, ada hubungan baik antara konsumsi yogurt dan serat dengan penurunan risiko kanker paru-paru. Penelitian ini telah dipublikasi secara resmi pada JAMA Oncology. Penelitian ini melibatkan partisipan dari Amerika Serikat, Eropa hingga Asia dengan total 1,4 juta orang.

Para peneliti mengamati lebih dari 18 ribu kasus kanker paru-paru beserta semua faktor penyebab yang memungkinkannya, seperti merokok. Dilakukan dengan penelitian observasional, para peneliti menemukan hasil penting yang akhirnya terungkap.

"Hasil dari percobaan observasional tidak seakurat seperti sampel acak atau blinded studied tetapi hasilnya tetap mampu memberikan kami informasi yang begitu penting," kata dr. Mitzman.

Baca juga: 5 Kesalahan Meracik yang Bikin Teh Jadi Minuman Tak Sehat

Girl eating yogurtFoto: Istock

Para peneliti menemukan bahwa pria yang mengonsumsi setidaknya 85 gram yogurt setiap hari dan wanita yang mengonsumsi 113 gram yogurt per hari ditemukan memiliki risiko kanker paru-paru yang lebih kecil yaitu sebanyak 19%. Partisipan yang mengonsumsi asupan makanan dengan kadar serat tinggi juga ditemukan memiliki risiko 17% persen lebih rendah untuk terjangkit kanker paru-paru.

Menariknya, penelitian ini bahkan ditunjukkan juga dengan kebiasaan konsumsi yogurt dalam porsi kecil sekalipun. Kadar serat dan yogurt dalam jumlah yang sedikit ternyata juga mampu menurunkan risiko kanker paru-paru seperti yang diungkapkan oleh dr. Mitzman.

"Sangat banyak penelitian observasional yang menunjukkan potensi antara serat dan peningkatan fungsi paru-paru dan pada beberapa kasus bahkan terhadap kanker paru-paru," kata dr. Mitzman.

Kevin Sullivan, MD., selaku dokter di Northwell Health Cancer Institute juga mengungkapkan bahwa makan lebih banyak yogurt dan serat sangat banyak manfaatnya untuk berbagai kondisi kesehatan. Walaupun sudah menghindari rokok dan asap rokok, dr. Sullivan mengungkapkan konsumsi yogurt tetap penting untuk menjaga kesehatan paru-paru dan meminimalisir risiko kanker paru-paru.

Baca juga: 5 Tips Diet Meisya Siregar yang Kian Bugar Usai Turun BB 26 Kg



Simak Video "Ternyata Ini Lho Perbedaan Gelato dengan Es Krim Lainnya"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com