Kombinasi Hebat! Makan Jahe dan Cabai Punya 5 Manfaat Sehat Ini

Diah Afrilian - detikFood
Sabtu, 18 Jun 2022 05:00 WIB
Kombinasi Hebat! Makan Jahe dan Cabai Punya 5 Manfaat Sehat Ini
Foto: Getty Images/iStockphoto/Stefan Tomic
Jakarta -

Jahe dan cabai menjadi bumbu yang sering dipakai dalam berbagai hidangan. Mampu menimbulkan rasa hangat dan pedas, konsumsi keduanya ternyata berkhasiat untuk tubuh.

Jahe dan cabai seolah menjadi rempah utama dalam berbagai olahan makanan khas Indonesia. Jahe yang dapat menghilangkan amis serta cabai yang memberikan rasa pedas tentu sangat dibutuhkan di setiap dapur.

Ternyata jahe dan cabai yang dicampurkan dalam makanan dan dikonsumsi setiap hari dapat memberikan khasiat bagi tubuh. Bahkan ketika kedua bumbu ini dipadukan, konon dapat menambah efektivitas manfaatnya untuk kesehatan.

Tanpa disadari, jahe dan cabai bisa mengatasi keluhan yang ringan hingga mencegah penyakit serius. Mulai dari membantu menurunkan berat badan hingga mencegah perkembangan sel kanker di dalam tubuh bisa didapatkan dengan konsumsi jahe dan cabai.

Berikut ini 5 manfaat konsumsi jahe dan cabai menurut Food News (10/6):

Kombinasi Hebat! Makan Jahe dan Cabai Punya 5 Manfaat Sehat IniKandungan di dalam cabai terbukti mampu mengatasi obesitas. Foto: Getty Images/iStockphoto/Stefan Tomic

1. Menurunkan berat badan

Menurut data yang telah dikumpulkan dari penelitian baik pada manusia maupun hewan, konsumsi jahe mampu membantu menurunkan berat badan. Pada penelitian yang dilakukan tahun 2016 ini 80 wanita menjadi partisipan aktif untuk membuktikan manfaat jahe dan cabai untuk menurunkan berat badan.

Ternyata tidak hanya berat badan, tetapi kadar insulin yang tinggi juga ikut terkontrol setelah secara rutin diberi asupan cabai dan jahe. Tinggi kadar insulin dalam darah ini juga diungkapkan menjadi faktor obesitas yang dialami para partisipan.

Pada penelitian tersebut, partisipan diberi asupan cabai dan jahe sebanyak 2 gram per hari selama 12 minggu berturut-turut. Menurut pengamatan literatur yang dilakukan pada 209 suplemen berupa jahe dan cabai bubuk ini secara signifikan memang dapat menurunkan berat badan dan mengatasi obesitas.

2. Mencegah perkembangan tumor

Sebuah penelitian berhasil menunjukkan manfaat komponen 6-gingerol pada jahe dan capsaicin pada cabai. Keduanya jika dikonsumsi bersamaan terbukti meningkat efektivitasnya untuk mengatasi tumor hingga kanker.

Hal ini lantaran 6-gingerol yang menyatu dengan capsaicin secara kuat menahan dan mencegah perkembangan sel-sel tumor di dalam tubuh. Penelitian ini dilakukan oleh para ahli dengan pengamatan pada beberapa tikus yang mengalami kanker paru-paru.

Kelompok tikus yang diberikan jahe dan cabai secara bersamaan ditemukan mengalami perkembangan kanker yang paling lambat dibandingkan dengan yang hanya menerima asupan jahe atau cabai saja. Keduanya dikatakan memiliki efektivitas yang tinggi karena secara langsung menahan sel-sel tubuh bukan hanya melawan sel kankernya saja.

Manfaat konsumsi jahe dan cabai lainnya bisa dilihat pada halaman berikutnya.



Simak Video "Asam Segar Gado-gado Bon Bin yang Sudah Ada Sejak 1960"
[Gambas:Video 20detik]