5 Manfaat Berhenti Minum Alkohol, Tidur Lebih Pulas dan Bikin Bahagia

ADVERTISEMENT

5 Manfaat Berhenti Minum Alkohol, Tidur Lebih Pulas dan Bikin Bahagia

Diah Afrilian - detikFood
Kamis, 16 Jun 2022 06:00 WIB
5 Manfaat Berhenti Minum Alkohol, Tidur Lebih Pulas dan Bikin Bahagia
Foto: Getty Images/iStockphoto/GlobalStock
Jakarta -

Manfaat serta efek samping dari konsumsi alkohol masih menjadi perdebatan para ahli. Tetapi ada lima manfaat yang bisa didapatkan ketika berhenti mengonsumsi alkohol.

Bagi penikmatnya, alkohol seolah sudah menjadi solusi saat merasa stres atau sekadar dinikmati untuk bersantai. Berbagai varian alkohol juga memiliki karakteristik rasanya tersendiri yang bisa dipilih sesuai selera.

Alkohol cocok untuk disajikan sebagai pendamping makanan utama seperti daging, domba atau bahkan ayam. Minuman yang terbuat dari buah anggur yang difermentasi ini masih menjadi perdebatan lantaran manfaat dan efek sampingnya yang perlu pengamatan ilmiah lebih lanjut.


Kandungan antioksidannya yang baik untuk tubuh dikhawatirkan juga membawa dampak negatif ketika diminum secara berlebihan dari kadar yang disarankan. Seorang ahli dan konselor bernama Rudy Kump mengungkapkan manfaat dan efek samping yang bisa didapatkan tubuh ketika berhenti minum alkohol.

Berikut ini 5 manfaat dan efek samping bagi tubuh setelah berhenti minum alkohol menurut Eat This, Not That (12/6):

5 Manfaat Berhenti Minum Alkohol, Tidur Lebih Pulas dan Bikin BahagiaBerhenti minum alkohol membuat tubuh lebih mudah mengatur waktu tidurnya. Foto: Getty Images/iStockphoto/GlobalStock

1. Kualitas tidur meningkat

Banyak ahli dan pakar kesehatan yang sudah sering mengingatkan bahwa konsumsi alkohol dapat mengganggu kualitas tidur malam penikmatnya. Bahkan walaupun hanya dikonsumsi dalam jumlah yang sedikit tetapi efeknya bisa begitu berpengaruh terhadap kualitas tidur.

"Adalah benar bahwa alkohol senyawa yang bersifat sedatif, efeknya dapat mengganggu sistem tubuh dalam berbagai jenis varian gangguan yang berbeda-beda gejalanya," kata Jessica Vansel selaku ahli neurologi dan pakar tidur.

Senyawa sedatif ini berarti bahwa alkohol dapat menyebabkan suatu penurunan kepekaan terhadap rangsangan karena ada penekanan pada sistem saraf pusat secara ringan. Konsumsi alkohol dapat membuat tubuh bisa tertidur pulas kapanpun sehingga rasa kantuk akan hilang ketika memasuki jadwal tidur yang sesungguhnya.

2. Penurunan berat badan

Walaupun dinilai sebagai minuman tinggi antioksidan ternyata alkohol menjadi musuh utama bagi berat badan. Kalori kosong yang ada dalam alkohol menjadi ancaman penumpukan kalori yang seringkali tidak disadari.

Berhenti minum alkohol akan membantu memangkas asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Kalori yang terkandung pada alkohol ini bahkan disamakan dengan 4 kalori saat mengonsumsi protein atau karbohidrat dan 9 kalori seperti saat mengonsumsi makanan berlemak.

Selain itu, konsumsi alkohol juga dapat mengganggu proses metabolisme tubuh yang bermanfaat untuk mencerna kalori dan menghancurkan cadangan lemak dalam prosesnya. Hal serupa juga disampaikan oleh Pamela Peeke selaku pakar kesehatan, yang mengatakan biasanya penikmat alkohol seperti bir akan memiliki tumpukan lemak pada perutnya.

Manfaat dan efek samping berhenti minum alkohol lainnya bisa dilihat pada halaman selanjutnya.



Simak Video "Manfaat Petai buat Kamu yang Lagi PMS"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT