ADVERTISEMENT

Nyeri Haid Bisa Diatasi dengan 9 Makanan Enak dan Sehat Ini

Atiqa Rana - detikFood
Sabtu, 18 Jun 2022 08:00 WIB
Makanan yang ampuh atasi nyeri haid
Foto: Getty Images

3. Ikan

Ikan adalah jenis protein yang kaya akan nutrisi penting. Ikan mengandung beberapa nutrisi seperti zat besi, protein, asam lemak omega-3, yang dapat mengurangi nyeri haid.

Beberapa makanan yang kaya akan omega-3 juga telah dibuktikan dapat memperbaiki suasana hati yang menurun saat haid. Konsumsi ikan dalam berbagai olahan sehat seperti dikukus, ditim atau dibakar.

4. Kunyit

Makanan yang ampuh atasi nyeri haidKunyit menjadi rempah yang dianggap paling mujarab mengurangi rasa nyeri ketika menstruasi. Foto: Getty Images

Kunyit menjadi rempah yang dianggap paling mujarab mengurangi rasa nyeri ketika menstruasi. Rempah ini memiliki zat anti-inflamasi yang akan memberi penyembuhan.

Kunyit juga telah terbukti dapat mengurangi kram dan gejala menstruasi lainnya. Karena itu menjelang dan saat haid disarankan mengonsumsi jamu kunyit asam atau susu kunyit.

5. Yogurt

Yogurt dikenal dengan kandungan probiotiknya. Probiotik tersebut telah terbukti menyehatkan tubuh dan melindungi vagina dari infeksi yang mungkin terjadi selama siklus menstruasi.

Kandungan kalsium dalam yogurt juga bisa merelaksasi otot-otot yang secara efektif dapat mengurangi kram menstruasi yang menyakitkan.

6. Telur

Makanan yang ampuh atasi nyeri haidVitamin D pada telur terbukti menjaga kadar estrogen agar tetap terkendali sehingga ampuh atasi nyeri haid. Foto: Getty Images

Telur dikenal sebagai makanan super yang kaya akan nutrisi. Makanan ini dikemas dengan protein dan menjadi sumber vitamin D, B6, dan E yang hebat yang sudah terbukti akan memerangi gejala kram ketika haid.

Dilansir dari today.com (20/01/2017), vitamin D pada telur terbukti menjaga kadar estrogen agar tetap terkendali. Karenanya konsumsi telur sebagai menu harian menjadi pilihan yang tepat.

7. Jahe

Selain kunyit, jahe juga dianggap sebagai makanan yang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Jahe memainkan peran yang penting dalam menurunkan kadar prostaglandin penyebab rasa sakit haid.

Karena itu jahe dianggap sebagai makanan super yang akan membantu tubuh merasa lebih baik ketika mengalami mual atau sakit selama menstruasi.

8. Dark Chocolate

Makanan yang ampuh atasi nyeri haidCokelat hitam mengandung antioksidan dan juga magnesium yang dapat mengurangi nyeri haid. Foto: Getty Images

Cokelat sering dianggap sebagai makanan tak sehat. Padahal makanan satu ini memiliki kaya akan nutrisi yang menyehatkan.

Manfaat lebih baik ditemukan pada dark chocolate atau cokelat hitam atau cokelat tanpa pemanis. Cokelat jenis ini mengandung antioksidan dan juga magnesium yang dapat mengurangi nyeri haid.

Cokelat juga dikenal dapat membantu meningkatkan suasana hati yang biasanya menurun saat sedang haid.

9. Kacang

Beberapa jenis kacang seperti kacang tanah atau kacang walnut dikenal sebagai makanan kaya protein, magnesium, dan asam lemak omega 3.

Semua nutrisi pada kacang tersebut telah terbukti dapat mengurangi nyeri haid. Dilansir dari glamour.com (11/06), suatu laporan dari klinik juga mengatakan bahwa kandungan magnesium pada kacang ampuh meredakan nyeri haid.



Simak Video "Bikin Laper: Menjajal Mie Bakar Andaliman yang Nikmat"
[Gambas:Video 20detik]

(aqr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT