5 Khasiat Serai, Atasi Migrain hingga Kendalikan Tekanan Darah Tinggi

Atiqa Rana - detikFood
Senin, 13 Jun 2022 08:00 WIB
Manfaat Serai
Foto: iStock
Jakarta -

Serai sering dipakai untuk melezatkan masakan. Padahal seri juga punya beragam khasiat sehat. Seperti mengendalikan tekanan darah hingga mengatasi migrain.

Sesuai dengan namanya 'lemongrass' rempah berbentuk batang ini memiliki aroma seperti lemon dan jahe. Dikenal dengan aroma segar yang tajam serta mengandung minyak yang kaya khasiat sehat.

Serai biasanya dikonsumsi dengan diolah menjadi teh. Cara membuatnya cukup mudah, didihkan 1 liter air bersama 4-5 batang serai yang dimemarkan. Masak hingga mendidih dan sedikit menyusut lalu saring. Teh serai memiliki rasa yang enak dan segar. Juga berkhasiat meningkatkan kesehatan dan mengobati berbagai jenis penyakit.

Rutin menyeduh dan minum secangkir teh serai akan memberikan manfaat bagi tubuh. Dirangkum dari beberapa sumber, inilah lima manfaat teh serai yang menyehatkan.

1. Membantu Detoksifikasi Alami

Manfaat SeraiFungsi serai bisa menjadi pendamping detoks karena dapat membantu tubuh membuang racun dalam tubuh. Foto: iStock

Mungkin istilah detoksifikasi sudah tidak asing lagi di telinga. Namun masih banyak orang yang tidak mengerti mengapa detoksifikasi perlu dilakukan.

Sebenarnya detoksifikasi diperlukan untuk mengembalikan potensi penuh tubuh setelah selama bertahun-tahun menyimpan banyak racun yang dapat menyebabkan masalah serius.

Fungsi serai bisa menjadi pendamping detoks karena dapat membantu tubuh membuang racunnya sekaligus meningkatkan kesehatan pencernaan.

2. Dapat Meredakan Migrain dan Sakit Kepala

Migrain dan sakit kepala mungkin sering dialami mereka yang sedang melakukan diet. Dilansir lindora.com (09/06), hal ini terjadi karena saat sedang diet terdapat pergeseran keseimbangan cairan dan mineral dalam tubuh sehingga kadar natrium menjadi terlalu rendah.

Teh serai bisa mengatasi hal ini karena serai memiliki eugenol yang berfungsi sebagai pereda nyeri alami. Ketika muncul penyakit ini, cobalah untuk mengganti obat dengan mengonsumsi teh serai yang lebih alami.



Simak Video "Asam Segar Gado-gado Bon Bin yang Sudah Ada Sejak 1960"
[Gambas:Video 20detik]