5 Jenis Buah Tinggi Kandungan Gula, Apakah Tetap Menyehatkan?

Atiqa Rana - detikFood
Rabu, 08 Jun 2022 05:00 WIB
Buah dengan Gula Tinggi
Foto: Getty Images
Jakarta -

Buah menjadi makanan dengan nutrisi dan khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh. Tetapi ada beberapa buah yang mengandung gula tinggi.

Gula yang dikandung dalam buah adalah jenis gula alami yaitu fruktosa dan glukosa. Gula ini tentu berbeda dari gula yang diperoleh pada makanan olahan. Gula dari makanan atau minuman lain memiliki efek yang lebih buruk untuk tubuh.

Sedangkan gula alami yang dimiliki oleh buah bercampur dengan nutrisi dan gizi lain yang memberikan manfaat baik bagi tubuh. Dilansir dari menicalnewstoday.com (25/06/2019), beberapa orang dengan kondisi diabetes sekalipun, masih bisa memperoleh manfaat dari buah. Ini karena kombinasi vitamin, mineral, serat, fitokimia, dan air yang terkandung didalamnya.

Dirangkum dari beberapa sumber, berikut adalah 5 jenis buah dengan kandungan gula tinggi yang dirangkum

1. Mangga

Buah dengan Gula TinggiDengan kandungan gula tinggi, mangga bukanlah pilihan yang tepat untuk menjadi camilan saat diet. Foto: Getty Images

Manga menjadi buah dengan kadar gula yang tinggi. Satu buah mangga mengandung 46-gram gula. Dengan kandungan gula tinggi, mangga bukanlah pilihan yang tepat untuk menjadi camilan saat diet. Karena manga akan memberikan porsi gula yang lebih banyak terhadap tubuh.

Namun mangga bisa dikonsumsi dalam waktu-waktu tertentu. Terlepas dari gula yang tinggi, mangga juga menawarkan beberapa nutrisi dan manfaat bagi tubuh. Buah tropis ini dipercaya bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan kesehatan usus.

2. Anggur

Setiap 150 gram buah anggur mengandung 23-gram gula. Dengan bentuk anggur yang kecil, mungkin kamu akan memakannya lebih cepat dan lebih banyak.

Namun jangan khawatir, dilansir dari healthline.com (28/01), meskipun anggur mengandung gula yang cukup tinggi, tetapi indeks glikemik yang dimiliki anggur rendah hingga sedang. Karenanya mengonsumsi anggur cukup aman. Selain itu senyawa dalam anggur dapat melindungi terhadap gula darah tinggi.



Simak Video "Unik! Kafe Rasa Bali di Bintaro Ini Sajikan Kopi Buah Pala"
[Gambas:Video 20detik]