Rutin Minum Jus Buah Ini Bikin Panjang Umur, Ini Kata Ahli Gizi

Yenny Mustika Sari - detikFood
Minggu, 05 Jun 2022 10:00 WIB
Jus jeruk dapat memberikan manfaat sehat hingga efek panjang umur
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Jus bisa menjadi pilihan minuman yang menyehatkan. Ahli gizi mengungkap jus buah ini bisa bikin panjang umur saat diminum rutin.

Jus merupakan minuman yang terbuat dari buah-buahan segar. Seperti buah jeruk, mangga, apel, tomat, dan lainnya.

Untuk merasakan manfaat sehatnya, racikan jus sebaiknya hanya berasal dari buah asli. Jangan menambahkan gula atau susu yang dapat membuat manfaat sehatnya hilang.

Dilansir dari Eat This, Not That! (31/5), ada satu jenis jus yang diungkapkan oleh ahli diet kalau memiliki manfaat sehat hingga membuat orang panjang umur. Jus yang dimaksud adalah jus jeruk.

Jus jeruk dapat memberikan manfaat sehat hingga efek panjang umurJus jeruk dapat memberikan manfaat sehat hingga efek panjang umur Foto: Getty Images/iStockphoto

Baca Juga: Mantan Chef Buka Warung Steak, Tawarkan Steak Murah Enak Gaya Restoran

Jus yang asam segar ini memiliki kandungan nutrisi yang menyehatkan jantung. Di dalamnya ada flavonoid, vitamin C, hingga zat antioksidan dan anti-inflamasi.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) di Amerika Serikat, penyebab utama kematian adalah karena penyakit jantung. Oleh karenanya, mengubah pola hidup dengan menyantap makanan sehat bisa memberikan efek panjang umur pada seseorang.

Jus jeruk diketahui dapat menyehatkan jantung. Hal ini diungkap oleh ahli diet Lauren Manaker, "Jus jeruk berperan dalam kesehatan jantung berkat flavonoid hesperidin yang secara alami ditemukan dalam jus."

Jus jeruk dapat memberikan manfaat sehat hingga efek panjang umurJus jeruk dapat memberikan manfaat sehat hingga efek panjang umur Foto: Getty Images/iStockphoto

Baca Juga: Daging Meltique Bukan Wagyu, Ini Penjelasan Dims The Meat Guy

Manaker menjelaskan bahwa minum jus jeruk dapat dikaitkan dengan penurunan tekanan darah dan kolesterol jahat (LDL). Tak hanya itu, jus jeruk juga meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Jus jeruk menjadi sumber vitamin C yang baik bagi tubuh. Tak hanya meningkatkan kesehatan jantung, tapi juga dapat menjaga kekebalan tubuh. Jus jeruk juga dapat dikonsumsi untuk mengurangi obesitas dan peradangan pada tubuh.

Satu gelas jus jeruk (100 ml) mengandung 26 miligram vitamin C. Kandungan ini lebih dari sepertiga jumlah vitamin C yang dibutuhkan wanita dewasa dan hampir memenuhi yang dibutuhkan pria setiap hari, seperti dilansir dari Mayo Clinic.

Jika ingin merasakan manfaat baik dari jus jeruk terutama untuk membuat panjang umur, coba minum jus jeruk segar secara rutin. Jangan memilih jus jeruk kemasan karena mengandung gula berlebih dan pemanis buatan.

Baca Juga: 5 Kafe Hits di Kemang, Tawarkan Durian hingga Suasana Kolam Renang



Simak Video "Segarnya Jus Delima, Pas untuk Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)