ADVERTISEMENT

Steak Kaki Lima

Daging Meltique Bukan Wagyu, Ini Penjelasan Dims The Meat Guy

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Sabtu, 04 Jun 2022 10:00 WIB
Daging Meltique Bukan Wagyu, Ini Penjelasan Dims The Meat Guy
Foto: YouTube dimsthemeatguy
Jakarta -

Meltique jadi menu populer di steak kaki lima. Beberapa penjual kerap menyebut meltique sebagai wagyu, padahal keduanya amat berbeda. Begini penjelasan Dims The Meat Guy.

Meltique atau kerap disebut marbling beef belakangan sangat populer di kalangan pencinta steak karena harganya murah dan teksturnya empuk. Tak heran kalau meltique kerap jadi menu di kedai steak kaki lima.

Dari segi tampilan, meltique memiliki sebaran lemak (marbling) berwarna putih di permukaannya, mirip wagyu. Teksturnya juga empuk sehingga semakin disamakan dengan wagyu. Karena kemiripan inilah, beberapa penjual nekat melabeli meltique sebagai wagyu.

Faktanya, keduanya sangat berbeda. Meltique dan wagyu berasal dari daging yang sangat jauh kualitasnya. Dimas, sosok pencinta daging di balik akun Dims the Meat Guy, coba mengedukasi masyarakat soal beda meltique dan wagyu melalui YouTube (4/7/2021).

Daging Meltique Bukan Wagyu, Ini Penjelasan Dims The Meat GuySebaran lemak pada meltique bersifat artifisial alias buatan. Foto: YouTube dimsthemeatguy

Dimas menekankan meltique bukan wagyu. "Meltique itu daging yang disuntikkan minyak canola atau lemak hewani," tuturnya. Sebaran lemaknya (marbling) bersifat artifisial alias buatan. "Meltique bukan wagyu karena wagyu artinya sapi Jepang," kata Dimas.

Dimas kembali menunjukkan beda marbling daging meltique dan wagyu marbling score 3 yang ia punya. Marbling meltique benar-benar terlihat tidak beraturan dan tidak natural. Sedangkan pada wagyu, marbling-nya lebih teratur dan natural.

Menyoal bentuk, potongan meltique memang menyerupai potongan steak pada umumnya (sirloin atau tenderloin), namun tidak natural secara potongan. Hal ini bisa dibedakan secara jelas oleh pencinta daging.

Baca Juga: Harganya Murah dan Rasanya Enak! 5 Steak Kaki Lima Ini Viral

Daging Meltique Bukan Wagyu, Ini Penjelasan Dims The Meat GuyPotongan meltique kerap dibuat menyerupai potongan wagyu atau steak pada umumnya. Foto: YouTube dimsthemeatguy

Dimas lantas memasak meltique dan wagyu dengan proses serupa. Hasilnya, keduanya sama-sama empuk, tapi berbeda dari segi rasa dan tekstur.

Untuk wagyu, rasanya sangat daging (beefy) dan teksturnya juicy. Sedangkan meltique, menurut Dimas, rasa aslinya hambar layaknya daging instan. Tapi tak ia pungkiri, ketika meltique dibumbui pas, rasanya bisa enak.

"Cuma secara keseluruhan, wagyu beneran sama meltique, jauh banget (kualitasnya lebih bagus) wagyu kalau (menurut) gue," katanya. Ia lantas menyayangkan pelaku bisnis nakal yang melabeli meltique sebagai wagyu karena keduanya tidak sama.

Serat wagyu, misalnya, tidak mudah sobek tapi tetap empuk. Sementara serat meltique lebih mudah sobek karena teksturnya seperti jelly.

Daging Meltique Bukan Wagyu, Ini Penjelasan Dims The Meat GuyMenurt Dimas, serat meltique lebih mudah sobek dibanding wagyu. Foto: YouTube dimsthemeatguy

Kepada detikfood, chef Afit Dwi Purwanto selaku Founder & Ceo Holycow Group (7/10/2019) juga pernah menjelaskan soal meltique yang disebutnya marbling beef. Ia mengatakan meltique sebenarnya dibuat dari daging berkualitas rendah.

"Tapi dengan teknologi, daging itu ditreatment jadi daging dengan marbling yang tinggi. Rasanya orang bilang enak. Keempukan yang sangat ideal, tapi ini bukan daging wagyu," jelas chef Afit.

Ia mengatakan, marbling beef bisa dibuat dari gabungan beberapa otot sekaligus. Dengan alat dan teknologi khusus, gabungan otot itu nantinya menyerupai satu bagian daging utuh. "Marbling beef di-inject dengan minyak canola, meat tenderizer, dan bahkan disuntik dengan wagyu fat. Tapi sekali lagi itu bukan wagyu," sambungnya.

Baca Juga: Ini Bedanya Wagyu dengan Sebaran Lemak Asli dan Buatan



Simak Video "Bikin Ngiler! Steak Premium Kini Ada di Warung Tendaan"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT