ADVERTISEMENT

Makan Mangga Bisa Turunkan Berat Badan? Ini Kata Ahli Diet

Yenny Mustika Sari - detikFood
Sabtu, 04 Jun 2022 09:08 WIB
Manfaat mangga bagi kesehatan
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Buah menjadi salah satu buah yang direkomendasikan saat diet. Apakah konsumsi mangga bisa menurunkan berat badan? Ini penjelasan ahli diet.

Mangga merupakan buah yang banyak tumbuh di daerah beriklim tropis, salah satunya Indonesia. Jenis mangga di Indonesia juga beragam, mulai dari mangga arumanis, manalagi, Indramayu, hingga gedong gincu.

Cita rasa mangga manis segar dan beraroma harum. Biasanya orang Indonesia langsung menyantap langsung atau dijadikan jus buah segar.

Dilansir dari Food NDTV (30/5), ternyata mangga tak hanya diolah untuk minuman menyegarkan saja, tapi disebut baik disantap untuk diet. Meski mengandung gula tinggi, berikut penjelasan ahli diet soal mengonsumsi mangga.

Manfaat mangga bagi kesehatanManfaat mangga bagi kesehatan Foto: Getty Images/iStockphoto

Baca Juga: Lamak Bana! 5 Gerai Nasi Kapau di Tangsel untuk Makan Bareng Keluarga

Ahli diet Shikha Kumari menjelaskan soal amannya mengonsumsi buah saat diet lewat unggahan di Instagram-nya. Ie mengatakan, "Penelitian menunjukkan bahwa senyawa bioaktif dan fitokimia dalam buah dapat menekan sel dan gen yang berhubungan dengan lemak."

"Hal tersebut menunjukkan bahwa buah dapat bermanfaat untuk mengontrol berat badan," lanjut Kumari.

Shikha Kumari juga turut menambahkan kalau mangga termasuk ke dalam buah yang dapat membantu menurunkan berat badan. Meski memiliki kandungan gula, namun indeks glikemiknya masih terbilang rendah.

Manfaat mangga bagi kesehatanManfaat mangga bagi kesehatan Foto: Getty Images/iStockphoto

Baca Juga: Raos! Ini Yamin Ayam Rica Manis Pedas Paling Hits di Cihapit-Bandung

"Mengonsumsi mangga juga dapat membantu menurunkan berat badan. Diketahui mangga memiliki indeks glikemik sedang berkisar antara 40-60, rata-ratanya menjadi sekitar 50 dan itu masih tidak apa-apa. Jadi bila dimakan dalam jumlah sedang aman untuk menurunkan berat badan," jelas Kumari.

Selain menurunkan berat badan, mangga juga memiliki manfaat sehat lainnya. Seperti meningkatkan imunitas tubuh karena memiliki zat antioksidan yang tinggi.

"Mangga merupakan sumber vitamin C dan A yang sangat baik, kandungannya dapat meningkatkan kesehatan mata dan imunitas tubuh. Buahnya juga mengandung folat, vitamin K, vitamin E dan beberapa vitamin B yang memiliki banyak peran penting dalam tubuh," ujar Kumari.

Baca Juga: 7 Cara Minum Teh Hijau yang Benar Agar Manfaatnya Maksimal



Simak Video "Cita Rasa Gurih Asin Chinese Food Tio Ciu 78"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT