7 Cara Minum Teh Hijau yang Benar Agar Manfaatnya Maksimal

Diah Afrilian - detikFood
Rabu, 01 Jun 2022 10:00 WIB
teh hijau
Foto: Thinkstock
Jakarta -

Teh hijau dikenal kaya manfaat. Demi merasakan manfaat maksimalnya, ada cara minum teh hijau yang benar dan perlu kamu tahu.

Teh hijau dikenal sebagai salah satu minuman herbal yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Teh hijau diungkapkan oleh pakar kesehatan mengandung komponen antioksidan yang tinggi sehingga baik untuk melindungi tubuh dari radikal bebas.

Teh hijau juga dipercaya ampuh menurunkan berat badan. Hal ini didapatkan dari kandungan epigallocatechin (EGCG) yang membantu pembakaran lemak lebih efektif.

Ternyata teh hijau tidak bisa diminum dengan sembarangan jika ingin mendapatkan manfaat sehatnya . Ada cara-cara tertentu yang wajib diperhatikan untuk menjaga komponennya yang menguntungkan.

Berikut ini 7 cara minum teh hijau yang benar agar manfaatnya lebih efektif menurut Times of India:

Cold green teaMinum teh hijau tidak dianjurkan dikonsumsi setelah makan karena dapat memecah protein yang belum diserap tubuh. Foto: Thinkstock

1. Jangan diminum setelah makan

Setelah makan pastinya menginginkan minuman yang bisa membantu membersihkan mulut dari bumbu makanan yang menempel. Sayangnya, para pakar nutrisi tidak menganjurkan untuk mengonsumsi teh hijau pada saat seperti ini.

Kepercayaan bahwa konsumsi teh hijau setelah makan dapat melunturkan lemak adalah kekeliruan. Hal ini lantaran konsumsi teh hijau setelah makan dapat memecah protein dan menghambat penyerapannya.

2. Seduh dengan air bersuhu hangat

Jika teh biasanya paling nikmat disajikan sebagai minuman untuk menghangatkan tubuh, tetapi ada cara tersendiri untuk menyeduh teh hijau. Teh hijau tidak disarankan untuk diseduh dengan air bersuhu lebih dari 90 derajat celcius.

Minum teh hijau yang diseduh pada suhu yang terlalu panas dapat menghilangkan dan merusak rasa alaminya. Selain itu, minum teh yang panas dengan tujuan menghangatkan tubuh juga tidak dianjurkan karena dapat membakar lidah dan tenggorokan.

3. Tidak diminum saat perut kosong

Teh hijau dipercaya memiliki efek detoksifikasi tubuh, terutama jika diminum di pagi hari. Nyatanya, mengonsumsi teh hijau di pagi hari setelah bangun tidur dan saat perut masih kosong adalah sebuah kesalahan.

Setelah berpuasa selama tidur, tubuh seharusnya mendapatkan asupan yang ringan untuk memulihkan proses pencernaannya.Sedangkan, mengonsumsi teh hijau justru memberikan asupan antioksidan dan polifenol yang terlalu kuat sehingga dapat mengganggu sistem pencernaan.

Cara minum teh hijau yang tepat lainnya bisa dilihat pada halaman selanjutnya.



Simak Video "Bikin Laper: Gurih Manis Ayam Bakar yang Lagi Viral"
[Gambas:Video 20detik]