ADVERTISEMENT

5 Camilan Tinggi Protein yang Bikin Berat Badan Cepat Turun

Yenny Mustika Sari - detikFood
Minggu, 12 Jun 2022 07:00 WIB
4 Manfaat Yogurt, Makanan yang Dianjurkan Nabi Muhammad SAW
Foto: iStock
Jakarta -

Jika ingin berat badan cepat turun, mengonsumsi makanan dengan asupan gizi tepat perlu dilakukan. Untuk camilan, pilih 5 makanan tinggi protein berikut.

Memiliki berat badan ideal adalah impian semua orang. Kalau ingin memilikinya, kamu perlu mengganti pola makan menjadi sehat.

Dilansir dari Eat This (8/6), pilih makanan yang bergizi seimbang adalah kuncinya. Ada beberapa makanan yang mengandung protein tinggi baik untuk menurunkan berat badan. Kamu bisa menjadikan telur rebus hingga yogurt sebagai camilan sehat.

Baca Juga: Heboh Nasi Padang Babi di Jakarta, Ini Fakta Terbarunya

Berikut 5 camilan tinggi protein yang dapat menurunkan berat badan:

1. Telur Rebus

Apa Itu Diet Telur Rebus? Ini 5 Aturan dan Faktanyatelur rebus Foto: Getty Images/iStockphoto/junpinzon

Telur adalah bahan makanan sehat yang mudah didapat dan harganya relatif terjangkau. Tak heran kalau telur umum dikonsumsi setiap hari. Biasanya untuk sarapan atau lauk makan siang dan makan malam.

Tak hanya sebagai menu utama, telur juga dapat dijadikan camilan sehat. Pilih telur rebus karena sifatnya tinggi protein yang bisa mempertahankan rasa kenyang lebih lama.

"Telur rebus yang matang sempurna mengandung protein tinggi. Camilan yang sehat ini didukung oleh nutrisi yang dapat melunturkan lemak," ujar Lauren Manaker selaku ahli diet.

2. Protein Bar

Kalau ingin camilan berprotein tinggi namun praktis, protein bar bisa menjadi pilihan. Protein bar banyak ditawarkan di minimarket terdekat. Isinya berupa campuran kacang-kacangan.

Selain mengandung protein tinggi, makanan ini juga rendah gula. Konsumsinya sangat baik sebagai camilan diet.

"Menyantap protein bar adalah pilihan yang tepat untuk camilan tinggi protein dalam menurunkan berat badan. Dalam sebungkus protein bar biasanya mengandung 15-20 gram protein, ada juga kandungan vitamin dan mineral. Seperti zat besi, kalsium, magnesium, potassium, fosfor, dan vitamin B," jelas ahli diet Courtney D'Angelo.

"Protein bar baik untuk menjaga rasa kenyang lebih lama, meningkatkan massa otot, mengurangi lemak, dan membantu dalam program menurunkan berat badan," lanjutnya.

Baca Juga: Ini Makanan Enak di Swiss yang Masuk Daftar Negara Terbersih di Dunia

3. Pistachio

PistachioPistachio Foto: iStock

Pistachio adalah jenis kacang yang termasuk menyehatkan. Kacang ini banyak tumbuh di kawasan Timur Tengah, seperti Iran, Turkmenistan, dan Azerbaijan Barat.

Kini postachio mulai populer di Indonesia. Banyak dikreasikan sebagai cake dan es krim. Kacang ini juga bisa dikonsumsi sebagai camilan karena mengandung protein yang tinggi.

Camilan berprotein tinggi ini dapat membantu menurunkan berat badan. Manaker juga menjelaskan kalau kandungan lain yang ada di dalm pistachio adalah serat dan lemak sehat.

4. Apel dan Selai Kacang (Almond)

Apel sering dijadikan camilan saat diet karena mengandung serat dan vitamin tinggi. Kalau bosan dengan rasanya, kamu bisa menambahkan cocolan.

Cocolannya bisa berupa selai kacang atau selai almond. Karena kedua jenis selai tersebut mengandung protein yang baik untuk proses menurunkan berat badan.

"Selai almond khususnya mengandung sejumlah besar nutrisi seperti lemak tak jenuh tunggal, vitamin E, mangan, magnesium, serat, dan protein. Kandungan lemak sehat dan nutrisi lainnya membuat selai almond menjadi camilan sehat," jelas ahli gizi Trista Best.

5. Yogurt dan Buah Berry

4 Manfaat Yogurt, Makanan yang Dianjurkan Nabi Muhammad SAWyogurt Foto: iStock

Camilan sehat lainnya yang aman dikonsumsi saat diet adalah yogurt karena tinggi protein dan kalsium. Sebaiknya memilih Greek ygourt karena rendah lemak dan kalori.

Kamu bisa mengonsumsi yogurt saat pagi atau sore menjelang makan malam. Greek yogurt bisa langsung kamu nikmati. Namun kalau ingin tambah nikmat bisa mencampurkannya dengan stroberi atau blueberry segar.

Trista Best menjelaskan, "Beralih ke yogurt untuk camilan tepat pengganti junk food. Yogurt akan mengurangi nafsu makan tanpa membuatmu lesu karena kalori ekstra."

Baca Juga: 6 Tips Sehatkan Pencernaan, Bebas Kembung dan BAB Lancar



Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/yms)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT