ADVERTISEMENT

Heboh Nasi Padang Babi di Jakarta, Ini Fakta Terbarunya

Sonia Basoni - detikFood
Jumat, 10 Jun 2022 14:30 WIB
Heboh Nasi Padang Babi di Jakarta, Ini Fakta Terbarunya
Foto: Site/Instagram/GrabFoodMerch
Jakarta -

Kemunculan usaha kuliner nasi Padang yang menggunakan daging babi sebagai lauknya, memicu kritik keras. Termasuk dari kalangan anggota DPR RI.

Hadirnya usaha makanan online yang menjual nasi rames Padang dengan lauk non-halal, yaitu menggunakan daging babi jadi sorotan. Menu nasi Padang dengan lauk babi ini rupanya memicu kritikan dari Anggota DPR RI, Dapil Sumatera Barat 2, Gusparandi Gaus.

Politisi asal Sumatera Barat ini sangat terkejut dengan kemunculan nasi Padang non-halal yang berbahan dasar daging babi, dan sedang jadi sorotan di media sosial. Tempat makan yang terletak di wilayah Kelapa Gading, Jakarta ini memang menjual makanan khas Minang.

Seperti rendang, sayur singkong hingga sambal cabe ijo. Hanya saja daging sapi dan daging ayam diganti dengan babi. Sampai kini topik nasi Padang non-halal ini masih ramai dibicarakan, berikut beberapa fakta terkait seputar munculnya kuliner Minang dengan daging babi ini.

1. Dikritik Anggota DPR RI

Heboh Nasi Padang Babi di Jakarta, Ini Fakta TerbarunyaHeboh Nasi Padang Babi di Jakarta, Ini Fakta Terbarunya Foto: Site/Instagram/GrabFoodMerch

Kritik dan keberatan atas hadirnya kuliner Minang non-halal ini disampaikan langsung oleh Guspardi Gaus.

"Pemilik mempromosikan melalui platform daring pesan antar di mana terpampang jelas aneka masakan Minang nonhalal, nasi babi bakar, nasi babi rendang, gulai babi, nasi ramas babiambo, dan menu-menu lainnya. Bahkan, dalam keterangan di akun Instagram babiambo, dengan jemawanya menyebut sebagai yang pertama makanan padang nonhalal di Indonesia," kritiknya.

Guspardi merasa keberatan karena nasi Padang merupakan produk kuliner Minangkabau yang terjamin halalnya. Sehingga ketika nasi Padang disajikan dalam bentuk non-halal, menurutnya gal itu tak boleh dibenarkan apalagi dibiarkan.

2. Usaha Kuliner Minang Online

Ditelusuri detikFood lebih lanjut, menu nasi Padang dengan lauk daging babi ini ternyata dijual oleh tempat makan Babiambo. Babiambo merupakan tempat makan yang memang spesialis menyajikan nasi rames Padang non-halal.

Lokasinya berada di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Menjual makanannya dalam bentuk daring atau online. Seperti lewat aplikasi ojek online, situs e-commerce dan Instagram.



Simak Video "5 Fakta Nasi Padang Babi yang Viral di Medsos"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT