Ini Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum dan Setelah Berenang

Yenny Mustika Sari - detikFood
Sabtu, 11 Jun 2022 10:00 WIB
Makanan Saat Berenang yang baik dikonsumsi
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Berenang dapat dijadikan sebagai olahraga penunjang diet. Ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi sebelum dan setelah berenang. Ini rekomendasinya dari ahli gizi!

Berenang merupakan salah satu jenis olahraga yang membakar banyak kalori. Meski tampak santai, berenang juga memiliki banyak gerakan pada bagian tangan dan kaki.

Waktu paling favorit untuk berenang ketika musim panas. Karena dapat sekaligus menyegarkan tubuh di siang yang panas terik.

Saat cukup lama berenang, banyak orang merasakan lapar. Biasanya langsung memesan mie goreng atau gorengan. Namun kalau ingin olahraga berenang tak sia-sia, kamu bisa menggantinya dengan makanan sehat.

Makanan Saat Berenang yang baik dikonsumsiMakanan Saat Berenang yang baik dikonsumsi Foto: Getty Images/iStockphoto

Baca Juga: Ini Pendapat Chef Minang soal Rendang Babi yang Tuai Pro Kontra

Dilansir dari Food NDTV (7/6), ahli nutrisi Pooja Mukhija membagikan tips makan sebelum dan setelah berenang yang tepat dan baik untuk tubuh. Mukhija juga menjelaskan kalau berenang bisa dilakukan untuk meningkatkan metabolisme.

"Manfaatkan musim panas yang menyenangkan ini sebagai pembakar metabolisme kardiovaskular," tulis Pooja Mukhija.

Mukhija mengungkapkan kalau air putih sangat penting dikonsumsi ketika berenang. "Jangan lupa untuk terus minum air putih ketika berenang, sebelum dan juga sesudahnya," ungkapnya.

Dalam video yang ia unggah ke akun Instagram-nya, Mukhija menjelaskan ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi karena sehat. Saat sebelum berenang, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dalam porsi kecil. Jangan sampai perut kosong sebelum berenang.

Makanan Saat Berenang yang baik dikonsumsiMakanan Saat Berenang yang baik dikonsumsi Foto: Getty Images/iStockphoto

Baca Juga: Jamilo's: Sikat Jon! Nasi Goreng Gerobakan ala Ibnu Jamil yang Mlekoh Bumbunya

Mukhija merekomendasikan untuk menyantap kacang-kacangan atau semangkuk yogurt sebelum berenang. Bahkan menurut Mukhija, kafein dapat membantu meningkatkan metabolisme sebelum berenang.

Setelah berenang, kamu bisa memilih makanan yang lebih berat. Pilih makanan penuh nutrisi yang juga dapat mengenyangkan perutmu. Komposisinya harus terdapat kandungan karbohidrat, protein, serat, dan vitamin.

Kalau ingin mengonsumsi nasi, Bisa dilengkapi dengan lauk-pauk. Tapi porsinya diperkecil dan lengkapi lauk pendamping seperti tumisan sayur, olahan ayam, dan penutupnya dengan buah segar.

Baca Juga: Heboh Nasi Padang Babi di Jakarta, Ini Fakta Terbarunya



Simak Video "Gerai Vegetarian di Senopati Ini Tawarkan Citarasa Resto Siap Saji"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)