Tak Hanya Putih, Kembang Kol Juga Ada yang Ungu dan Oranye

Atiqa Rana - detikFood
Minggu, 05 Jun 2022 06:00 WIB
Kembang Kol Warna Warni
Foto: iStock
Jakarta -

Kembang kol yang banyak ditemukan di pasaran biasanya hanya berwarna putih. Tetapi nyatanya, kembang kol memiliki lebih banyak warna-warni.

Banyak orang yang menyukai sayuran satu ini karena rasanya yang enak dan mudah diolah. Biasanya kembang kol bisa disiapkan dengan berbagai cara kreatif. Seperti diparut menjadi pengganti nasi, sayuran pelengkap steak panggang, atau menjadi sayuran tambahan pada salad.

Namun tak sedikit juga yang tidak suka. Warna putih pada kembang kol menjadikan sayuran ini terlihat tidak menarik. Apalagi jika sayuran ini disuguhkan kepada anak kecil, pastinya mereka akan kurang suka karena warnanya yang kurang mencolok.

Tetapi ternyata kembang kol yang kita tahu selama ini tidak hanya berwarna putih. Kembang kol sebenarnya memiliki beragam variasi warna mencolok dari mulai warna hijau, oranye cerah, hingga warna ungu.

Kembang Kol Warna WarniKembang kol sebenarnya memiliki beragam variasi warna mencolok dari mulai warna hijau, oranye cerah, hingga warna ungu. Foto: iStock

Mungkin banyak yang masih ragu dengan nutrisi yang dimiliki oleh kembang kol warna warni ini. Kabar baiknya ternyata kembang kol berwarna justru memiliki nutrisi tambahan.

Dilansir dari mashed.com (27/05), menurut petani modern, kembang kol ungu, oranye cerah, dan hijau bukanlah hasil dari pewarna suntikan atau modifikasi genetik. Melainkan secara alami mereka hanyalah varietas sayuran berbeda.

Pigmen warna yang muncul pada kembang kol ini terjadi karena fitokimia yang menciptakan warna. Seperti beta-karoten yang ditemukan pada kembang kol berwarna oranye, klorofil yang ditemukan pada kembang kol hijau, dan juga antosianin yang bertanggung jawab atas kembang kol warna ungu.

Kembang Kol Warna WarniFitokimia berupa antosianin bertanggung jawab atas kembang kol warna ungu. Foto: iStock

Kandungan berbeda pada setiap kembang kol ini juga memiliki nutrisi tambahan yang baik untuk kesehatan tubuh. Seperti beta-karoten dalam sayuran kembang kol oranye bermanfaat bagi kesehatan mata.

Sedangkan klorofil pada kembang kol hijau dan antosianin pada kembang kol ungu dianggap sebagai antioksidan yang dipercaya dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dan penyakit.

Kembang Kol Warna WarniKlorofil pada kembang kol hijau dan antosianin pada kembang kol ungu dianggap sebagai antioksidan yang dipercaya dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dan penyakit. Foto: iStock

Terlepas dari warna yang berbeda, semua kembang kol tetap menjadi pilihan yang sehat. Kembang kol putih memang sudah lama dibudidayakan dan dijual di pasaran. Namun karena sudah banyak orang tahu tentang kembang kol berwarna, akhirnya ada lebih banyak peminat yang memilih kembang kol berwarna warni ini.



Simak Video "Bikin Laper: Gurih Manis Ayam Bakar yang Lagi Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/odi)