7 Kombinasi Makanan Enak dan Sehat Ini Ternyata Bisa Bikin Berat Badan Naik

Diah Afrilian - detikFood
Senin, 30 Mei 2022 11:30 WIB
advertorial
Foto: advertorial
Jakarta -

Makanan sehat kini banyak digemari terutama bagi pelaku diet. Tetapi ada kombinasi makanan sehat yang perlu diwaspadai karena dapat menaikkan berat badan.

Saat ingin mendapatkan berat badan yang ideal, mengonsumsi makanan sehat yang rendah kalori dan lemak dengan kaya nutrisi sangat disarankan ahli. Makanan seperti sayuran dan buah-buahan serta minuman tertentu konon ampuh untuk membantu menurunkan berat badan.

Ternyata ada beberapa makanan dan minuman sehat yang tidak bisa dipadukan. Bukannya menambah efektivitas menurunkan berat badan, kombinasi makanan ini justru dinilai dapat memicu kenaikan berat badan.

Beberapa kombinasi makanan ini diungkapkan oleh ahli gizi masih jarang diketahui sehingga banyak pelaku diet yang berujung gagal menurunkan berat badannya. Tentunya kombinasi makanan yang berdampak negatif bagi berat badan ini perlu dipahami dan dihindari jika ingin mendapatkan tubuh yang ideal.

Berikut ini 7 kombinasi makanan sehat yang dapat menaikkan berat badan menurut Food NDTV (27/5):

tea in vintage cup isolated on whiteNgemil sambil minum teh ternyata dapat menyebabkan perut menjadi kembung. Foto: iStock

1. Teh dan camilan

Saat menikmati waktu bersantai memang paling enak jika ditemani dengan teh yang hangat dan beberapa potong camilan yang manis. Ternyata kegiatan minum teh sambil ngemil ini justru menjadi kabar buruk bagi para pelaku diet.

Sekalipun camilan yang dikonsumsi rendah gula dan kalori tetapi ada efek samping dari bertemunya kandungan tanin dan kafein pada teh dengan makanan. Tanin dan kafein yang masuk ke dalam tubuh secara bersamaan dapat menyebabkan penyerapan zat besi yang dampaknya membuat perut menjadi kembung.

2. Buah dan minuman

Banyak orang yang senang mengonsumsi buah baik sebelum makan maupun sebagai camilan yang lebih sehat. Bahkan para ahli gizi juga menyarankan untuk menyisipkan konsumsi buah di antara waktu sarapan dan menjelang makan siang.

Ternyata konsumsi buah tidak bisa dikonsumsi bersamaan dengan kopi, teh atau bahkan air kelapa karena dapat mengganggu sistem pencernaan. Natasha Mohan, selaku ahli gizi, menyarankan bahwa konsumsi buah-buahan harus dilakukan secara terpisah dan tidak boleh bersamaan dengan minuman yang memiliki rasa.

3. Gabungan sumber protein

Mengurangi asupan karbohidrat dan menggantinya dengan asupan protein banyak dipercaya dapat membantu menambahkan massa otot tanpa menambah tumpukan karbohidrat di dalam tubuh. Ternyata menggabungkan lebih dari dua jenis protein menjadi satu wajib diwaspadai efeknya terhadap peningkatan berat badan.

Jenis penggabungan sumber protein yang dimaksud misalnya seperti kedelai dan kacang-kacangan lain, ayam dan kacang-kacangan dan beberapa kombinasi lainnya. Menurut para ahli gizi, kombinasi makanan yang menggunakan lebih dari dua jenis protein ini justru dapat memperbesar ukuran lingkar pinggang.

Kombinasi makanan sehat yang dapat menggagalkan diet lainnya bisa dibaca di halaman berikutnya.



Simak Video "Bikin Laper: Gurih Manis Ayam Bakar yang Lagi Viral"
[Gambas:Video 20detik]