Pegawai KFC Ini Bocorkan Trik Bikin Ayam Goreng Renyah, Contek Yuk!

Diah Afrilian - detikFood
Minggu, 29 Mei 2022 16:00 WIB
Rahasia Ayam Goreng KFC
Foto: Istimewa
Jakarta -

Ayam goreng yang disajikan di restoran cepat saji seolah memiliki kelezatannya sendiri. Rasa bumbunya yang khas dan kerenyahannya bikin ketagihan. Ternyata ini rahasianya!

Beberapa restoran cepat saji terkenal dengan hidangan ayam gorengnya yang lezat dan renyah teksturnya. Banyak orang lantas penasaran untuk memasak menu ini sendiri.

Sayangnya untuk meniru resepnya sama persis bukan hal mudah. Ada trik rahasia yang juga digunakan oleh restoran cepat saji untuk menciptakan kerenyahan yang berbeda pada ayam goreng yang disajikannya.

Seorang pegawai di gerai KFC Inggris ini mengungkapkan fakta yang ditunggu-ditunggu oleh penggemar ayam goreng KFC. Dirinya membeberkan rahasia kelezatan dan kerenyahan ayam goreng yang setiap hari dibuatnya.

Wanita Ini Tetap Makan Ayam Goreng Meski Mobilnya Tergenang BanjirSeorang pekerja restoran cepat saji KFC di Inggris membocorkan resep dan cara membuat ayam goreng ala KFC. Foto: Site News

Mengutip Nine (26/5) Jo, yang merupakan pekerja di salah satu gerai KFC di Inggris, mengungkapkan rahasia yang selama ini begitu ditunggu-tunggu. Jo mengatakan bahwa sebagian besar resep untuk ayam goreng KFC dibuat di pabrik, tetapi ada sebagian resep yang dilakukan oleh pekerja gerai dan diketahui oleh Jo.

Salah satunya cara pemotongan ayam, sebagian bumbu, hingga cara melapisi ayam dengan tepung untuk mendapatkan tekstur renyah yang tebal dan sempurna. Jo mengungkapkan pertama-tama ayam akan dipotong menjadi sembilan bagian dan dilumuri lapisan tepung kemudian dimasak selama 15 menit.

Jo menyampaikan rahasia tersebut secara langsung pada acara Secrets of The Fast Food Giants. Selain cara pemotongan dan menggoreng, Jo juga mengatakan bahwa ada teknik khusus untuk melapisi ayam dengan tepung agar menempel sempurna pada seluruh lapisan ayam.

Ternyata untuk mendapatkan lapisan tepung yang tepat harus melalui teknik membalik dan melipat. Artinya, ayam yang masuk ke dalam wadah tepung akan dibolak-balik dan 'diilipat' serta ditekan-tekan sebanyak 10 kali untuk mendapatkan tepung terigu yang menempel dengan sempurna.

KFC Rugi Rp 442 Juta Gegara Mahasiswa China Pakai Kupon Bodong untuk Makan GratisTernyata salah satu rahasianya adalah teknik pelapisan tepung yang ditekan-tekan hingga sepuluh kali. Foto: iStock/Site News

Setelah menyajikan beberapa potong ayam, Jo berhasil mengejutkan pembawa acara malam itu dengan rasa ayam buatannya. Menurut pembawa acara yang mencicipinya, pada ayam goreng buatan Jo ini terasa bumbu seperti lada hitam, lada, bawang putih, garam dan bawang bombay bubuk.

Sonran, selaku pembawa acara, mengatakan malam itu ayam buatan Jo terasa lebih pedas dari yang biasa dimakannya. Menjawab pertanyaan tersebut, Jo mengungkapkan bahwa itu adalah rasa asli dari ayam yang baru saja matang dan diangkat dari penggorengannya.

"Ini adalah resep asli yang berasal langsung dari penggorengan. Kami akan mengeringkannya semalaman dan merendamnya dalam saus gravy khas buatan kami," kata Jo.

Jo kembali menekankan juga bahwa ini adalah cara yang dilakukan dan berlaku di KFC Inggris saja. Mungkin di negara lain ada cara dan bumbu tersendiri untuk menyesuaikan rasanya dengan selera penikmatnya yang berasal dari penduduk lokal.



Simak Video "Bikin Laper: Menyantap Bakso Kuburan dengan Sambal Melimpah"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)