Kurs Lira Anjlok, 7 Makanan dan Minuman di Turki Ini Murah Banget!

Diah Afrilian - detikFood
Kamis, 26 Mei 2022 15:30 WIB
Kurs Lira Anjlok, 7 Makanan dan Minuman di Turki Ini Murah Banget!
Foto: TikTok/clerishwijaya
Jakarta -

Sejak 2008, kurs mata uang Turki, Lira dikabarkan terus menurun. TikToker ini ungkap harga makanan dan minuman inipun jadi sangat murah saat dikonversikan ke rupiah. Ada pizza Rp 11 ribu!

Banyak faktor yang dapat memengaruhi kurs sebuah mata uang turun secara drastis. Mulai dari kondisi politik, pendapatan per kapita, hingga berbagai faktor lainnya.

Salah satu kurs mata uang terus mengalami penurunan adalah Lira yang merupakan mata uang Turki. Sejak 2008 hingga sekarang, kurs Lira dilaporkan masih terus menurun. Saat ini nilai 1 Lira setara sekitar Rp 900.

Terdampak dengan kurs yang terus merosot, harga makanan dan minuman yang dijual di Turki pun jadi mengalami penurunan drastis. TikToker @clerishwijaya membagikan harga makanan dan minuman apa saja yang dibanderol menjadi begitu murah.

Berikut ini 7 makanan dan minuman yang harganya jadi murah menurut akun TikTok @clerishwijaya (25/5):

Kurs Lira Anjlok, 7 Makanan dan Minuman di Turki Ini Murah Banget!Gegara nilai kursnya anjlok, roti sebesar ini di Turki harganya cuma Rp 2.700. Foto: TikTok/clerishwijaya

1. Roti

Dekat dengan benua Eropa, membuat masyarakat Turki mengonsumsi roti sebagai sumber karbohidrat harian. Akibat kurs mata uangnya yang terus menurun, harga roti di Turki bahkan juga ikut turun drastis.

Roti Kandil Simidi bahkan hanya 3 Lira atau setara dengan Rp 2.700. Bentuk roti yang bulat dengan lubang di tengah seperti donat ini menjadi salah satu jajanan mengenyangkan yang digemari penduduk Turki.

2. Pizza

Selain makanan lokal, pizza juga digemari banyak orang di Turki. Ketika kurs mata uangnya anjlok, harga pizza di Turki kini dijual dengan begitu murah.

Untuk satu iris pizza yang disajikan di restoran terkenal harganya dibanderol hanya Rp 11 ribu. Sedangkan untuk satu loyang pizza utuh hanya dipatok Rp 72.000 yang cukup dimakan 4 hingga 5 orang.

3. Sandwich

Ada juga makanan dengan porsi mengenyangkan yang sangat tidak disangka mengalami penurunan harga yang cukup jauh. Roti sandwich dengan berbagai isian penuh mulai dari sayuran, irisan bawang bombai, hingga smoke beef kini bisa dibeli kurang dari Rp 10 ribu.

Soguk Sandivic atau sandwich dengan isian daging yang lengkap dipatok hanya 7,5 Lira yang setara dengan Rp 6.000 saja. Clerish bahkan juga menyampaikan untuk sandwich lainnya yang paling mahal harganya hanya Rp 9.000an.

Makanan dan minuman di Turki yang harganya ikut menurun ada di halaman berikutnya.