ADVERTISEMENT

Goreng Ikan Louhan untuk Makan, Netizen Ini Ungkap Rasanya

Diah Afrilian - detikFood
Selasa, 24 Mei 2022 15:00 WIB
Goreng Ikan Louhan untuk Makan, Netizen Ini Ungkap Rasanya
Foto: TikTok/dienullah
Jakarta -

Mengaku dapat ikan mujair dari saudaranya, netizen ini ternyata menggoreng ikan louhan. Setiap bagiannya dilahap hingga habis. Begini rasanya.

Ikan memang menjadi sumber protein favorit orang Indonesia untuk diolah jadi lauk, tetapi tidak semua jenis ikan bisa dinikmati dagingnya. Beberapa ikan memang hanya dijadikan ikan hias saja.

Contoh ikan yang kerap dikonsumsi antara lain lele, mujair, ikan mas, dan gurame. Sementara ikan louhan, arwana, cupang, mas koki dan ikan hias lainnya tidak lazim dimakan.

Seorang netizen mengaku dirinya baru saja mendapatkan ikan dari saudaranya. Dirinya yang konon tak mengerti jenis ikan tersebut, menyebutnya sebagai ikan mujair padahal ikan yang diolahnya adalah ikan louhan yang seharusnya tidak dikonsumsi.

Goreng Ikan Louhan untuk Makan, Netizen Ini Ungkap RasanyaNetizen ini pamerkan ikan louhan goreng tepung yang menjadi menu makannya. Foto: TikTok/dienullah

Mengutip TikTok @mhdienullah (22/5), di hadapan Dienullah sudah tersaji nasi putih, ikan louhan goreng tepung, hingga sambal kecap sebagai cocolannya. Langsung mencicipi dagingnya, Dienullah mendapati banyak duri atau tulang terselip di antara bagian daging ikan.

Ikan louhan yang identik dengan jidatnya yang besar, bahkan juga dibelah dan dicicipi oleh Dienullah. Ternyata isi dari jidat itu adalah gumpalan lemak yang rasanya sangat tidak enak.

Sebelum mengunggah momen mencicipi ikan louhan, Dienullah juga sempat mengunggah video saat dirinya membersihkan dan menyiapkan ikan louhan sebelum digoreng. Seluruh tahapan yang dilakukan sama seperti mengolah ikan lain, mulai dari membuang sisiknya, isi perutnya, insangnya hingga memarinasi dan membalurkan tepung sebelum digoreng.

"Oke guys, jadi kemarin saudara gue ngasih ikan mujair. Nah hari ini gue bakalan masak yang tidak akan menggugah selera kalian," kata Dienullah dalam videonya.

Goreng Ikan Louhan untuk Makan, Netizen Ini Ungkap RasanyaDirinya juga memperlihatkan bagaimana kondisi ikan louhan sebelum digoreng dengan balutan tepung. Foto: TikTok/dienullah

Dikonfirmasi oleh detikcom (24/5), komentar unik dari Dienullah lain juga kembali diungkapkan setelah mencicipi ikannya. Mulai dari durinya yang banyak hingga rasanya yang dinilai seperti air PAM karena dipelihara di dalam air PAM.

Saat dilihat oleh detikcom, unggahan aksi nyeleneh Dienullah ini telah dilihat lebih dari 2,6 juta kali. Ribuan komentar banyak yang memprotes aksi Dienullah karena memasak ikan hias berharga mahal ini.

"Harga ikan ini untuk ukuran anakan berkisar Rp 850 ribu per ekor, sedangkan untuk ukuran dewasa bisa mencapai Rp 3,5 juta untuk yang standar," tulis akun @realtiara03.

"Bang gue kemarin juga masak ikan itu. Terus gue keracunan, muka gue merah bentol-bentol abis dipukulin bapak gue (gara-gara makan ikan peliharaannya)," tulis akun @xxzysz.

"Bang itu ikan louhan, bang. Mahal, Bang. Ya Allah," tulis akun @piskapermatas_17.

Simak juga 'Ikan Arwana Harga Rp 10 Juta Dipanggang, Seperti Apa Rasanya?':

[Gambas:Video 20detik]



(dfl/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT