4 Pola Makan yang Bikin Panjang Umur dari Wanita Berusia 118 Tahun

Diah Afrilian - detikFood
Rabu, 25 Mei 2022 06:00 WIB
4 Pola Makan yang Bikin Panjang Umur dari Wanita Berusia 118 Tahun
Foto: Eat This, Not That
Jakarta -

Setiap orang memiliki cara sendiri untuk menjaga tubuhnya. Wanita tertua berusia 118 tahun ini bagikan pola makan untuk membuatnya panjang umur.

Seorang wanita bernama Suster Andre merupakan biarawati di Perancis. Bukan hanya kerohaniannya, kesehatannya yang bahkan mencapai usia 118 tahun membuat banyak orang kagum pada dirinya.

Suster Andre, bahkan dinobatkan sebagai salah satu tokoh yang menginspirasi karena berhasil menjaga kesehatan tubuhnya selama itu. Suster Andre mengaku ada beberapa pola makan yang dijalani sejak masih muda hingga membuatnya dapat tetap hidup sehat hingga hari ini.

Sebagai seorang biarawati yang harus mengabdikan kehidupannya untuk gereja, Suster Andre mengaku tidak ada pola makan khusus yang dilakukannya. Hanya saja ada beberapa kebiasaan yang dirasa sangat berpengaruh pada kesehatannya.

Berikut ini 4 pola makan ala wanita tertua di dunia berusia 118 tahun menurut Eat This, Not that (21/5):

ilustrasi makan bersamaTidak hanya baik untuk kehidupan sosial, makan bersama juga berdampak positif terhadap kesehatan usus dan tubuh secara menyeluruh. Foto: thinkstock

1. Makan bersama

Tidak hidup sendirian, membuat Suster Andre terbiasa dengan keramaian dan hidup dengan banyak orang. Saat makan pun, ia memilih makan bersama-sama.

Ternyata anjuran untuk makan bersama orang lain juga dilakukan dalam pola diet Mediterania. Di Budaya Perancis sendiri, asal Suster Andre, makan bersama orang lain sudah menjadi tradisi yang dilakukan secara turun temurun.

Pola diet Mediterania bahkan juga membuktikan bahwa makan bersama orang lain dapat memberikan manfaat untuk tubuh. Salah satunya adalah meningkatkan kualitas mikrobiota di dalam usus, terutama pada orang lanjut usia yang dapat meningkatkan kualitas kesehatan secara menyeluruh.

2. Menikmati makanan favorit

Walaupun menjaga pola makannya, tetapi Suster Andre mengaku dirinya sesekali tetap menikmati makanan favoritnya. Minum wine sambil makan cokelat menjadi minuman dan camilan favoritnya yang sangat dikonsumsi dengan hati-hati.

Walaupun terdengar sebagai asupan yang berbahaya bagi tubuh, tetapi beberapa pakar kesehatan juga menyarankan untuk sesekali menikmati makanan favorit. Mengonsumsi makanan favorit dapat membantu meningkatkan suasana hati menjadi lebih bahagia sekaligus melepaskan stres.

Menurut sebuah penelitian, orang yang menikmati makanan favoritnya 35% cenderung lebih panjang umur sebanyak lima tahun. Tetapi tetap harus ditekankan bahwa menikmatinya tidak dalam jumlah berlebihan.

Pola makan panjang umur lainnya bisa dilihat pada halaman berikutnya.



Simak Video "Bikin Laper: Mencicipi 3 Makanan Khas Daerah Sekaligus"
[Gambas:Video 20detik]