ADVERTISEMENT

Terungkap! 6 Sayuran Populer Ini Ternyata Buah dan Bunga

Atiqa Rana - detikFood
Rabu, 25 Mei 2022 07:00 WIB
Sayuran dan buah
Foto: iStock
Jakarta -

Tomat dan brokoli populer sebagai sayuran. Faktanya keduanya tergolong buah dan bunga. Berikut ini fakta seputar sayur, buah dan bunga yang umum dikenal.

Beberapa makanan masih sangat sering salah penyebutan dan salah diartikan. Meskipun hal ini dianggap baik-baik saja bagi sebagian orang, tetapi lebih baik untuk mengetahui kebenarannya.

Seperti tomat digolongkan sebagai sayuran padahal buah. Demikian juga dengan brokoli yang faktanya adalah bunga, bukan sayuran. Dirangkum dari thedailymeal.com (03/01), berikut fakta-fakta makanan yang tidak sesuai faktanya.

1. Brokoli adalah Bunga Bukan Sayuran

Sayuran dan buahSecara umum banyak orang yang mengetahui brokoli adalah jenis sayuran. Tetapi sayuran berbentuk kuntum ini lebih baik dikategorikan sebagai bunga. Foto: iStock

Secara umum banyak orang yang mengetahui brokoli adalah jenis sayuran. Tetapi sayuran berbentuk kuntum ini lebih baik dikategorikan sebagai bunga.

Sayuran sendiri adalah istilah umum untuk bagian yang dapat dimakan dari tanaman bertangkai. Sedangkan bunga adalah jenis sayuran tertentu yang bagian atasnya dapat dimakan. Pada brokoli, bagian yang dimakan pada brokoli adalah kepala bunganya yang berwarna hijau.

2. Paprika adalah Buah bukan Sayur

Paprika lebih sering dikonsumsi sebagai campuran berbagai macam makanan. Proses masak paprika juga biasanya ditumis atau ikut dipanggang bersama pizza.

Jarang terlihat orang mengonsumsi paprika langsung secara utuh karena banyak yang menganggap paprika adalah sayuran yang butuh diolah terlebih dahulu. Padahal faktanya segala jenis paprika bukan sayuran melainkan tergolong jenis buah-buahan.

3. Labu kuning termasuk buah

Sayuran dan buahfaktanya labu bukanlah sayur, melainkan buah. Labu kuning adalah buah yang tumbuh pada tanaman dan mengandung biji-bijian. Foto: iStock

Meskipun labu kuning seringkali dimasak bersama sayuran lainnya, dibuat bubur, sup atau campuran kue. Namun faktanya labu bukanlah sayur, melainkan buah.

Labu kuning adalah buah yang tumbuh pada tanaman dan mengandung biji-bijian. Seperti buah-buahan lainnya, labu juga dikenal dengan daging buah yang manis.

4. Biji Kopi Bukanlah Biji

Banyak yang mengira jika beragam racikan kopi seperti latte, cappuccino, atau macchiato berasal dari biji kopi. Nyatanya biji kopi bukanlah tergolong biji-bijian.

Kopi berasal dari semak berbunga yang punya buah seperti ceri. Buah kecil kopi itu mengandung dua biji yang tertutup daging dan kulit luarnya. Biji ini lalu dipanen, dikeringkan, kemudian dipanggang hingga lebih dikenal dengan sebutan biji kopi. Padahal buah kopi.



Simak Video "Masak Masak: Tips Simpan Sayuran di Kulkas Agar Tak Layu"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT