ADVERTISEMENT

5 Fakta Barley, Biji-bijian Favorit Rasulullah SAW yang Kaya Nutrisi

Riska Fitria - detikFood
Senin, 17 Jan 2022 06:00 WIB
Fakta tentang barley
Foto: iStock
Jakarta -

Barley merupakan sejenis biji-bijian yang sangat digemari oleh Nabi Muhammad SAW. Barley kaya akan nutrisi yang dapat mencegah berbagai penyakit.

Nabi Muhammad SAW adalah sosok tauladan yang baik bagi umat Muslim. Beliau selalu mengajarkan bagaimana menjalani kehidupan yang baik dan bermanfaat, termasuk juga dengan memilih makanan.

Salah satu makanan kesukaan Nabi Muhammad SAW adalah barley atau dikenal juga dengan sebutan jali-jali. Barley adalah sejenis tanaman biji-bijian yang masuk ke dalam keluarga serealia.

Barley kaya akan nutrisi, karenanya Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk mengonsumsi biji-bijian ini. Dengan mengonsumsi barley bisa mencegah beberapa penyakit kronis.

1. Olahan Barley Favorit Nabi Muhammad SAW

Fakta tentang barleyOlahan barley favorit Nabi Muhammad SAW adalah sup barley hangat Ilustrasi Foto: iStock

Barley dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan roti atau kue kering. Selain itu, barley juga bisa dikonsumsi sebagai sereal, salad, teh dan pengganti nasi.

Nah, Nabi Muhammad SAW lebih menyukai barley yang diolah menjadi sup hangat. Bukan hanya itu, Nabi Muhammad SAW juga suka roti yang terbuat dari barley.

Biasanya beliau mengonsumsi roti barley dengan cara dipadukan ke tharid. Tharid merupakan hidangan seperti semur yang terbuat dari daging domba.

Baca Juga: Begini 5 Cara Terbaik Nabi Muhammad SAW saat Makan Semangka

2. Anjuran Makan Barley dalam Hadits

Fakta tentang barleyNabi Muhammad SAW menganjurkan makan barley lewat sebuah hadits Foto: iStock

Nabi Muhammad SAW menyarankan untuk mengonsumsi barley karena ada banyak khasiat yang didapatkan. Anjuran tersebut ada dalam sebuah hadits yang berbunyi:

"At-talbina (makanan dari tepung barley) memberi ketenangan pada hati yang berduka dan membuatnya aktif serta mengurangi beberapa kesedihannya," hadits ini diriwayatkan oleh Imam Bukhari.

Nabi Muhammad SAW mengatakan bahwa talbina bagus dikonsumsi oleh orang yang sakit dan berduka.Talbina atau makanan dari tepung barley dapat menenangkan hati.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT