Begini 5 Cara Terbaik Nabi Muhammad SAW saat Makan Semangka

Riska Fitria - detikFood
Jumat, 29 Okt 2021 05:00 WIB
Begini 5 Cara Terbaik Nabi Muhammad SAW saat Makan Semangka
Foto: iStock
Jakarta -

Nabi Muhammad SAW sangat menyukai buah semangka. Bahkan ia memiliki cara terbaik saat mengonsumsi buah semangka agar mendapat manfaatnya.

Nabi Muhammad SAW merupakan suri teladan yang baik untuk umat muslim. Beliau selalu mengajarkan cara hidup yang baik, termasuk soal pola makan dalam sehari-hari.

Beliau dikenal sebagai pelaku pola makan yang sehat. Salah satu makanan favorit dan menyehatkan bagi Nabi Muhammad SAW adalah buah semangka.

Tidak hanya menganjurkan untuk memakannya, Nabi Muhammad SAW juga menganjurkan tentang cara-cara yang baik saat mengonsumsi buah semangka untuk mendapat manfaat dan keberkahan.

Berikut 5 cara Nabi Muhammad SAW makan semangka:

1. Makan Semangka Dibarengi Kurma

Begini 5 Cara Terbaik Nabi Muhammad SAW saat Makan SemangkaBegini 5 Cara Terbaik Nabi Muhammad SAW saat Makan Semangka Foto: iStock

Semangat merupakan salah satu buah kesukaan Nabi Muhammad SAW. Rasulullah SAW juga memiliki cara tersendiri saat mengonsumsi buah semangka.

Seperti yang diriwayatkan oleh Aisyah, ia berkata: "Sesungguhnya Nabi SAW sering makan Al-Biththikh disertai ruthab," (HR. at-Tirmidzi no.1843).

Dalam hal tersebut, Ibnu Qayyiim berpendapat bahwa yang dimaksud dengan Al-Biththikh adalah semangka yang berkulit hijau. Bukan melon yang bahasa Arabnya sama seperti semangka.

Sementara ruthab sendiri adalah kurma yang juga merupakan buah favorit Nabi Muhammad SAW. Jadi buah semangka dikonsumsi berbarengan dengan kurma.

Baca Juga: 10 Makanan Sehat yang Jadi Favorit Nabi Muhammad SAW

2. Semangka Bersifat Mendinginkan

Ada alasan tersendiri mengapa Nabi Muhammad SAW mengonsumsi buah semangka berbarengan dengan buah kurma. Itu karena buah semangka yang memiliki sifat dingin.

Sementara itu kurma memiliki sifat panas. Jadi, panas yang ditimbulkan dari makan kurma bisa didinginkan dengan makan semangka. Begitu pun sebaliknya.

Sifat dingin semangka itu dikarenakan tingginya kadar air dalam buah semangka. Karenanya buah semangka bisa menjaga tubuh terhindar dari dehidrasi.



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Jala Semangka Enak dan Sederhana"
[Gambas:Video 20detik]