ADVERTISEMENT

5 Jenis Teh Populer di Dunia Ini Punya Khasiat Menyehatkan

Atiqa Rana - detikFood
Rabu, 01 Jun 2022 05:00 WIB
Berbagai macam teh dan manfaatnya
Foto: iStock

3. Teh Herbal

Mirip dengan teh putih, teh herbal atau tisanes mengandung campuran herbal, rempah-rempah, buah-buahan, atau tanaman lain. Bahkan tidak mengandung daun teh sama sekali.

Karenanya jenis teh satu ini tidak mengandung kafein sehingga mereka dikenal dengan sifatnya yang menenangkan.

Berbagai macam teh dan manfaatnyaMirip dengan teh putih, teh herbal atau tisanes mengandung campuran herbal, rempah-rempah, buah-buahan, atau tanaman lain. Foto: iStock

Beberapa jenis teh herbal dapat ditemukan bersamaan dengan manfaat uniknya. Beberapa teh herbal yang paling populer antara lain:

- Teh chamomile : mampu mengurangi nyeri haid, kejang otot, hingga dapat mengurangi stres.
- Rooibos : teh yang akan meningkatkan tekanan darah dan sirkulasi, meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat, hingga membuat rambut lebih kuat dan kulit lebih sehat.
- Peppermint : mengandung mentol yang akan menenangkan rasa sakit perut dan berfungsi sebagai obat sembelit
- Jahe : membantu melawan 'morning sickness' dan dapat mengobati gangguan pencernaan kronis

4. Teh Hijau

Teh hijau adalah jenis teh yang berasal dari China. Daun teh ini diproses dengan metode 'pan-frying' atau 'roasting', daunnya lebih umum dikukus.

Teh hijau mengandung flavonoid yang tinggi yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung serta menurunkan kadar kolesterol darah.

Sebuah studi juga menunjukkan teh jenis ini dapat menurunkan tekanan darah, trigliserida, dan kolesterol total. Antiinflamasi yang dimilikinya juga mampu menjaga kulit agar tetap bersih dan bercahaya.

5. Teh Oolong

Berbagai macam teh dan manfaatnyaTeh oolong terkenal dengan kandungan asam amino dan L-theanine yang tinggi yang dapat mengurangi kecemasan. Foto: iStock

Teh oolong adalah teh tradisional asal China yang dibuat dari tanaman camelia sineneis yang sama dengan pembuatan teh hijau, teh putih, dan teh hitam.


Perbedaannya, sebagian teh oolong teroksidasi dan sebagian lainnya tidak. Oksidasi parsial inilah yang membuat warna dan rasa yang khas dari teh oolong.

Teh oolong terkenal dengan kandungan asam amino dan L-theanine yang tinggi yang dapat mengurangi kecemasan. Beberapa ilmuwan juga menemukan L-theanine pada teh ini dapat mencegah penyakit kognitif seperti Alzheimer dan Parkinson



Simak Video "Menilik Sejarah dan Cara Seduh Teh ala China"
[Gambas:Video 20detik]

(aqr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT