Banyak Makan Gorengan? Lakukan 7 Hal Ini Untuk Cegah Efek Sampingnya

Atiqa Rana - detikFood
Senin, 30 Mei 2022 10:30 WIB
Makanan yang baik setelah makan gorengan
Foto: Getty Images
Jakarta -

Banyak orang jadi penggemar gorengan. Sensasi renyah dan gurih makanan ini memanjakan mulut. Sebaiknya lakukan 7 hal ini jika kamu makan gorengan berlebihan.

Gorengan memiliki banyak macam. Bukan hanya camilan, tetapi banyak juga lauk-pauk seperti ayam, ikan, telur yang proses masaknya digoreng. Terkadang setelah makan gorengan, mulut ketagihan ingin mencicipi makanan berminyak lainnya sampai akhirnya kalap.

Setelah makan gorengan berlebihan barulah timbul rasa berat, rasa sakit di tenggorokan, hingga pencernaan yang kurang baik karena asupan minyak yang berlebihan.

Sudah mengetahui bahwa gorengan tidak sehat, masih banyak orang yang tetap sulit untuk meninggalkannya. Untuk menghindari efek buruknya untuk kesehatan ada beberapa hal sederhana yang bisa kamu lakukan.

Dilansir dari beberapa sumber, 7 cara ini dapat memulihkan efek samping yang timbul setelah makan gorengan.

1. Minum Air Hangat

Setelah makan makanan yang berminyak, pastinya tenggorokan akan mulai terasa tidak nyaman karena minyak dan lemak berlebih pada makanan. Pencernaan pun seringkali tidak lancar hingga sering menimbulkan sembelit.

Sebaiknya minum air hangat karena ini akan menenangkan tenggorokan sekaligus mempercepat pencernaan dan memudahkan sistem pencernaan untuk memecah makanan berminyak menjadi bentuk yang lebih mudah dicerna usus.

2. Teh Hijau

Teh hijau adalah salah satu jenis teh yang sudah terkenal manfaatnya. Teh ini pun ternyata juga bisa menjadi pilihan minuman setelah makan sesuatu yang berminyak.

Makanan yang baik setelah makan gorenganTeh hijau menjadi minuman yang tepat setelah makan makanan berminyal. ini karena kandungan flavonoid di dalamnya akan menambahkan antioksidan yang mampu menyeimbangkan beban oksidatif pada sistem pencernaan. Foto: Getty Images

Kandungan flavonoid di dalamnya akan menambahkan antioksidan yang selanjutnya mampu menyeimbangkan beban oksidatif pada sistem pencernaan.

3. Makanan yang Mengandung Probiotik

Dilansir dari timesofindia.com (25/05), menurut Ayurveda, setelah makan makanan berminyak, mengonsumsi makanan probiotik seperti yogurt, kimchi, atau kefir dapat membantu meningkatkan sistem pencernaan.

Asupan probiotik secara teratur juga dapat menyeimbangkan kesehatan dan kekebalan usus. Ini karena bakteri probiotik akan membantu mencegah keasaman dan meningkatkan pergerakan usus yang tepat.

Setelah banyak mengonsumsi makanan berminyak seperti gorengan, sebaiknya konsumsilah makanan probiotik untuk memperkuat usus.



Simak Video "Sehat banget! Sandwich Kurma Cocok untuk Berbuka"
[Gambas:Video 20detik]