ADVERTISEMENT

5 Efek Samping Terlalu Banyak Konsumsi Lemon yang Perlu Diketahui

Atiqa Rana - detikFood
Minggu, 29 Mei 2022 05:00 WIB
Lemon
Foto: Getty Images
Jakarta -

Jeruk lemon menjadi salah satu sumber vitamin C terbaik. Meskipun banyak khasiatnya jika terlalu banyak dikonsumsi bisa memberi efek samping.

Jeruk lemon atau lemon dikonsumsi sehari-hari baik dalam bentuk utuh atau diolah menjadi air lemon. Buah kuning satu ini juga dikenal dengan khasiatnya yang mampu menjaga kesehatan kulit, rambut, bahkan seluruh tubuh.

Buah yang kecut segar ini banyak dikonsumsi pelaku hidup sehat atau yang sedang berdiet. Dibuat jus lemon dan diminum dengan madu atau dibuat campuran infused water.

Meski demikian, lemon tetap harus dikonsumsi dalam porsi wajar. Karena ternyata para peneliti menyebutkan buah lemon yang dikonsumsi terlalu banyak bisa menimbulkan efek samping pada kesehatan.

Berikut ini beberapa efek sampingnya yang bisa terjadi pada tubuh jika terlalu banyak konsumsi lemon, seperti dirangkum daritimesofindia.com (23/05).

1. Menimbulkan Masalah Perut

Lemon memiliki tingkat keasaman yang cukup tinggi. Meskipun air lemon yang dicampur dengan madu mampu memperlancar proses pencernaan, tetapi jika jus lemon terlalu banyak dikonsumsi dapat mengganggu perut. Bisa menghambat pencernaan hingga sakit perut.

2. Menyebabkan Dehidrasi

Air lemon dengan tambahan es dan air memang dapat menghilangkan dahaga. Tetapi terlalu banyak minum air lemon dapat memperbesar kandung kemih. Hal ini akan memicu kamu bolak balik ke toilet untuk buang air kecil.

LemonTentu saja setelah banyak mengeluarkan zat-zat racun tersebut, tubuh perlu untuk di hidrasi kembali. Untuk itu, ketika minum banyak air lemon, siapkan juga air putih yang cukup agar tubuh terhidrasi dengan baik. Foto: Getty Images

Tentu saja setelah banyak mengeluarkan zat-zat racun tersebut, tubuh perlu untuk di hidrasi kembali. Untuk itu, ketika minum banyak air lemon, siapkan juga air putih yang cukup agar tubuh terhidrasi dengan baik.

3. Menyebabkan Erosi Gigi

Erosi gigi adalah kondisi dimana zat-zat mineral pada gigi akan hilang secara kimiawi. Tingkat asam yang tinggi pada jus lemon ini dapat menyebabkan sensasi kesemutan pada gigi itu.

Selain itu, dari waktu ke waktu jus lemon juga akan menyebabkan kerusakan pada email gigi. Karena itu jika gigi sensitif, pastikan untuk mengurangi asupan makanan yang mengandung banyak sitrat seperti lemon.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT