Hari Ini Pria Tertua di Dunia Berusia 113 Tahun, Ini Minuman Panjang Umurnya

Atiqa Rana - detikFood
Jumat, 27 Mei 2022 15:30 WIB
Porez Mora pria usia 113 tahun
Foto: Guinness World Record/Reuters
Jakarta -

Hari ini pria tertua di dunia berulang tahun ke 113. Pria asal Venezuela ini pun membeberkan gaya hidup sehari-hari hingga minuman panjang umurnya.

Pria tua bernama Juan Vicente Pérez Mora dari Venezuela, telah diakui sebagai pria tertua di dunia oleh Guinness World Records. Ia mengalahkan mantan pemegang rekor sebelumnya yaitu Saturnino de la Fuente Garcia meninggal pada 18 Januari lalu.

Porez Mora pria usia 113 tahunPria tua bernama Juan Vicente Pérez Mora dari Venezuela, telah diakui sebagai pria tertua di dunia oleh Guinness World Records. Foto: Guinness World Record/Reuters

Mora lahir pada 27 Mei 1909 dan menikah dengan seorang perempuan bernama Ediofina del Rosario Garcia selama 60 tahun sebelum istri tercintanya meninggal pada tahun 1997.

Pérez Mora dan sang istri memiliki 11 anak dan pasangan ini memiliki 41 cucu, 18 cicit dan 12 piut, tulis Guinness dalam siaran pers.

Tahun ini menjadi tahun ke 113 Pérez Mora hidup di dunia. Pérez Mora yang tinggal di kota San Jose de Bolivar juga akan merayakan ulang tahunya hari ini bersama dengan keluarga dan teman-temannya.

Meskipun sudah menginjak usia yang tak muda lagi, tetapi Pérez Mora masih memiliki kondisi kesehatan yang sangat baik.

Bahkan putrinya, Nelyda Perez mengatakan kepada Guinness bahwa sang ayah tidak menderita penyakit apapun dan tidak memerlukan perawatan medis.

Saat ditanya faktor apa yang membuat Pérez Mora bisa hidup selama ini, pria tua ini pun menjawab bahwa dirinya hanya mencintai Tuhan sekaligus berdoa, bekerja keras, memastikan tidur lebih awal. Yang mengejutkan ia setiap harinya selalu minum segelas aguardiente yaitu minuman alkohol asal Spanyol.

Porez Mora pria usia 113 tahunFaktor yang membuat Pérez Mora bisa hidup selama ini yaitu mencintai Tuhan sekaligus berdoa, bekerja keras, memastikan tidur lebih awal serta selalu minum segelas aguardiente yaitu minuman alkohol asal Spanyol. Foto: Getty Images

Aguardiente sendiri menjadi minuman keras asal Spanyol yang memiliki rasa adas manis yang terdiri dari empat bahan yaitu alkohol, gula, air, dan adas manis.

Berbeda dengan alkohol pada umumnya yang rata-rata memiliki 40% alkohol, dilansir dari theunconventionalroute.com (23/10/2020), sebagian besar aguardiente hanya mengandung 29% alkohol.

Ternyata aguardientelah yang menjadi minuman panjang umurnya. Meskipun minuman alkohol ini tidak begitu menyehatkan, tetapi mungkin karena ada keseimbangan dari gaya hidup Pérez Mora sehingga pria ini memiliki kesehatan yang terjaga.

Dr.Enrique Guzman pun mengatakan bahwa Juan Vicente Pérez Mora akan hidup beberapa tahun lagi.

Terlepas dari tekanan darah yang sedikit meningkat, serta adanya masalah pendengaran karena faktor usia, Pérez Mora dalam kesehatan yang baik. Ini karena pola makan yang terjaga dan aktivitasnya.

Porez Mora pria usia 113 tahunDr.Enrique Guzman pun mengatakan bahwa Juan Vicente Pérez Mora akan hidup beberapa tahun lagi karena tubuhnya yang masih sehat. Foto: Guinness World Record/Reuters

Tak hanya pola makan yang baik, tetapi selama 113 tahun Pérez Mora hidup, pria ini banyak mengirimkan kedamaian, ketenangan dan memancarkan kegembiraan kepada keluarganya.

Suatu saat pria umur panjang Juan Vicente Pérez Mora ingin dikenang sebagai sosok Katolik yang pekerja keras dan setia pada istri.



Simak Video "Gerai Vegetarian di Senopati Ini Tawarkan Citarasa Resto Siap Saji"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/odi)