5 Makanan Pemicu Perut Kembung dan Makanan untuk Mengatasinya

Atiqa Rana - detikFood
Kamis, 26 Mei 2022 05:00 WIB
Makanan yang harus dimakan dan dihindari ketika perut kembung
Foto: iStock
Jakarta -

Perut kembung bisa terjadi kapan saja. Agar pencernaan tetap sehat, hindari makanan yang memicu kembung dan konsumsi makanan baik untuk pencernaan.

Rasa kembung pada perut bisa datang dari jenis makanan yang dikonsumsi. Beberapa makanan akan menyebabkan perut mudah kembung atau begah. Ada juga makanan yang baik untuk mengatasi kembung dan menjaga sistem pencernaan tetap lancar.

Dirangkum dari health.com (16/09/2020), ahli gizi menyarankan untuk menghindari 5 makanan yang akan menyebabkan perut kembung dan makanan terbaik yang harus dikonsumsi untuk mengatasinya.

Berikut ini makanan yang bisa memicu perut kembung:

1. Brokoli dan Kubis

Brokoli dan kubis adalah sayuran hijau yang mengandung raffinose yaitu gula yang sukar tercerna sampai bakteri di usus melakukan proses fermentasi. Karena itu sayuran ini akan menghasilkan gas yang menyebabkan kembung.

Namun bukan berarti harus menghindari sayuran hijau. Karena sistem pencernaan yang baik memiliki nutrisi dan serat yang tinggi. Tetaplah konsumsi sayuran hijau, namun dengan porsi yang dibatasi.

2. Kacang-Kacangan

Makanan yang harus dimakan dan dihindari ketika perut kembungBukan hal yang asing lagi jika kacang-kacangan adalah produk nabati yang menyebabkan gas. Kandungan gula dan serat pada kacang-kacangan ini tidak dapat diserap oleh tubuh. Foto: iStock

Bukan hal yang asing lagi jika kacang-kacangan adalah produk nabati yang menyebabkan gas. Kandungan gula dan serat pada kacang-kacangan ini tidak dapat diserap oleh tubuh.

Karena itu ketika makanan ini sampai di usus besar, bakteri pada ususlah yang akan memakannya hingga menyebabkan gas yang membuat perut menjadi kembung.

3. Susu

Sebagian orang merasa kembung setelah mengonsumsi keju ataupun susu. Ini berarti bisa saja mereka tidak toleran terhadap laktosa.

Lactose intolerance sendiri ditandai dengan kurangnya enzim yang diperlukan untuk memecah laktosa atau gula pada produk hewani seperti susu. Hal itu menyebabkan gas yang akan terbentuk di saluran pencernaan hingga memicu kembung.



Simak Video "Bikin Laper: Ikan Kembung Sambal Dabu-dabu ala Dimas Beck"
[Gambas:Video 20detik]