Ini 6 Makanan Terbaik untuk Dikonsumsi Saat Perut Mual hingga Kembung

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 07 Mei 2022 07:00 WIB
Halaman 1 dari 7
7 Tips Makan Penderita Asam Lambung Agar Tak Sering Kambuh Foto: iStock
Jakarta -

Gangguan perut yang menimbulkan rasa tak nyaman dialami banyak orang. Dalam kondisi seperti ini, kamu harus tetap makan. Berikut 6 makanan terbaik untuk dikonsumsi.

Hampir semua orang merasakan gangguan perut atau perut tak nyaman yang datang sesekali. Kondisi ini meliputi gangguan pencernaan, asam lambung ringan, mual, kembung, hingga perut terasa bergas.

Terkadang gejala ini datang pada saat yang tidak tepat sehingga mengganggu aktivitas. Kondisi ini sebenarnya bisa diatasi, namun jika perut tak nyaman sering terjadi, disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Untuk kamu yang alami gangguan perut, jangan sampai memilih tidak makan sama sekali meski mual atau tidak berselera. Pasalnya tubuh tetap memerlukan asupan nutrisi untuk menghasilkan energi hingga menjalankan fungsi-fungsi organ secara maksimal.

Ada makanan yang cocok dikonsumsi saat perut tak nyaman. Makanan ini bersifat ringan untuk dicerna tubuh dan aroma serta rasanya tidak meningkatkan rasa mual yang tengah dialami.

Jenis makanannya beragam, termasuk rempah, buah, dan camilan manis. Ahli gizi merekomendasikan konsumsi makanan ini saat kondisi perutmu tak nyaman.

Misalnya kuah kaldu yang gurih dan penuh nutrisi. Kamu bisa mengonsumsinya dalam bentuk kaldu saja atau dijadikan sup. Lalu ada buah pisang yang disebut ahli gizi aman untuk sistem pencernaan

Mengutip Eat This, Not That! (3/5), berikut daftar 6 makanan terbaik untuk dikonsumsi saat perut mual hingga kembung:

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com